Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Akhir Pelaporan SPT, Seluruh Kantor Pajak Riau Buka Layanan di Akhir Pekan

SPT Tahunan dapat disampaikan secara mandiri oleh wajib pajak dengan mudah melalui efiling pada laman www.pajak.go.id.
Petugas membantu wajib pajak melapor surat pemberitahuan (SPT) tahunan Pajak Penghasilan (pph) orang pribadi di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Sabtu (16/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Petugas membantu wajib pajak melapor surat pemberitahuan (SPT) tahunan Pajak Penghasilan (pph) orang pribadi di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Sabtu (16/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, PEKANBARU – Menjelang batas pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi pada 31 Maret 2024, seluruh Kantor Pelayanan Pajak di Provinsi Riau membuka layanan di hari Sabtu dan Minggu pada tanggal 23, 24, 30 dan 31 Maret 2024.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Riau Bambang Setiawan mengatakan langkah ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan wajib pajak yang biasanya datang ke kantor pajak di akhir masa pelaporan.

"Biasanya banyak yang datang melaporkan di akhir pekan karena itu kami membuka pelayanan di Sabtu dan Minggu sampai akhir Maret 2024. Masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini untuk melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dan meminta asistensi dan informasi seputar pelaporan SPT Tahunan," ungkapnya, Jumat (22/3/2024).

Menurutnya SPT Tahunan dapat disampaikan secara mandiri oleh wajib pajak dengan mudah melalui efiling pada laman www.pajak.go.id. Pelaporan yang dilakukan secara online ini dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam melaporkan SPT Tahunannya yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Meskipun pelaporan SPT Tahunan dapat dilakukan secara online melalui efiling, namun bagi wajib pajak yang mengalami kendala seperti lupa Efin dan memerlukan informasi lainya, mereka dapat mendatangi Kantor Pelayanan Pajak di hari Sabtu dan Minggu.

“Kebijakan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat yang selama ini terkendala jarak dan waktu untuk memenuhi kewajiban perpajakannya,” ujarnya.

Kanwil DJP Riau dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di wilayah Provinsi Riau telah melakukan berbagai kegiatan untuk mengingatkan wajib pajak mengenai kewajiban penyampaian SPT Tahunan seperti sosialisasi dan edukasi perpajakan, penyebarluasan informasi perpajakan melalui media online, cetak, elektronik maupun media luar ruang, membuka layanan perpajakan di pusat keramaian dan penyelenggaraan kelas pajak kepada masyarakat.

Bagi wajib pajak yang berlokasi cukup jauh dari Kantor Pelayanan Pajak Madya (KPP Madya), baik Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP Pratama) dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP), Kanwil DJP Riau juga telah bekerjasama dengan beberapa pihak.

Diantaranya perguruan tinggi dan layanan umum yang telah menjadi mitra Kanwil DJP Riau untuk membuka layanan perpajakan (Tax Center) di pusat keramaian pada waktu tertentu seperti; Universitas Riau (Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNRI), UIN Suska Riau, Universitas Lancang Kuning, STIE Persada Bunda, Politeknik Caltex Riau.

Kemudian beberapa layanan di tempat umum seperti Mall Pekanbaru, Mandau City Mall Duri, Mall Pelayanan Publik Pekanbaru, Mall Pelayanan Publik Bengkalis, Mall Pelayanan Publik Siak, Pos Pajak Bangkinang (Samping Pasar Impres), Kantor Camat Ujung Batu, RSUD Puri Husada Tembilahan, Kantor Bupati Indragiri Hilir, Kantor Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir Swarna Bumi.

(Niki Aulia Sandi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper