Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Bangkinang-Koto Kampar Kembali Dibuka Gratis saat Arus Mudik Lebaran 2024

Tol Bangkinang-Tanjung Alai (XIII Koto Kampar) akan kembali dibuka fungsional untuk melayani arus mudik dan balik Lebaran 2024.
Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Padang - Dok. Hutama Karya
Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Padang - Dok. Hutama Karya

Bisnis.com, PEKANBARU - PT Hutama Karya (HK), pengelola Jalan Tol Trans Sumatra, menyatakan Jalan Tol Bangkinang-Tanjung Alai (XIII Koto Kampar), Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, akan kembali dibuka untuk melayani arus mudik dan balik Lebaran 2024. Sebelumnya, tol ini sudah berfungsi fungsional selama Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

Branch Manager Tol Riau Hutama Karya Jarot Seno Wibawa mengatakan bahwa kemungkinan besar jalan tol ini akan beroperasi fungsional untuk layanan arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Menurutnya, tim pemeriksa akhir sudah melakukan pengecekan pada Jalan Tol Bangkinang-Tanjung Alai, dan dari hasil pemeriksaan tersebu, masih ditemukan beberapa titik yang memerlukan perbaikan oleh kontraktor.

"Target dari manajemen adalah bisa difungsikan untuk layanan arus mudik dan arus balik Lebaran. Kami berharap dapat menggunakan ruas ini untuk mendukung mobilitas selama musim mudik nanti," ungkapnya Kamis (7/3/2024).

Dia menyebutkan, dirinya belum mendapat informasi terkait persentase progres penyelesaian Tol Bangkinang-Tanjung Alai. Namun, pihaknya optimistis bahwa tol ini dapat difungsikan dengan membuka dua jalur. Saat dibuka nantinya, penggunaan tol ini masih bersifat gratis.

Sementara itu, penetapan tarif baru Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) kemungkinan akan berlaku sebelum Idulfitri, dengan sosialisasi tarif yang terus dilakukan. 

Jarot mengatakan, sosialisasi tarif baru Tol Pekanbaru-Dumai telah disampaikan dalam berbagai kegiatan, seperti pertemuan diskusi publik atau FGD.

"Saat ini masih terus disosialisasikan. Tapi untuk persetujuan masih menunggu dari kementerian. Kemungkinan Idulfitri nanti sudah berlaku tarif baru," ungkapnya.

Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 415/2024 tentang penyesuaian tarif tol pada ruas Tol Permai yang diteken Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada 19 Februari 2024, telah menetapkan tarif baru.

Tarif untuk kendaraan golongan I dari Pekanbaru menuju Dumai atau sebaliknya sebesar Rp171.500. Jenis kendaraan golongan I umumnya mencakup kendaraan pribadi, termasuk pikap, truk kecil, dan bus.

"Kepmen sudah keluar, aturan memungkinkan berlaku paling cepat 14 hari pascadikeluarkan. Namun, persetujuan masih menunggu dari kementerian terkait," imbuh Jarot.

Sebagai bentuk pelayanan, Hutama Karya selaku pengelola ruas tol Permai menargetkan empat rest area permanen di jalan tol akan mulai beroperasi saat musim mudik Idulfitri 1445 H/2024. Jarot berharap rest area ini dapat memberikan pelayanan optimal kepada pengendara yang memanfaatkannya sebagai tempat istirahat selama arus mudik dan balik Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler