Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rumah Sakit Jiwa di Riau Siapkan Dukungan Kesehatan Mental untuk Caleg Gagal

Rumah sakit memiliki delapan dokter spesialis kedokteran jiwa dan delapan spesialis non jiwa.
Ilustrasi dokter./Ist
Ilustrasi dokter./Ist

Bisnis.com, PEKANBARU — Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan di Provinsi Riau, telah menyatakan kesiapannya untuk memberikan layanan kesehatan mental kepada calon legislatif (caleg), yang mungkin mengalami depresi atau tekanan psikologis akibat kegagalan dalam Pemilu legislatif.

Direktur RSJ Tampan Provinsi Riau, Zainal Arifin, menyatakan bahwa meskipun tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi caleg yang gagal, RSJ Tampan Riau telah menyiapkan delapan dokter spesialis jiwa dan delapan spesialis non jiwa.

"Tidak ada persiapan khusus. Namun, kami siap melayani jika ada yang depresi atau stres. Kami memiliki delapan dokter spesialis kedokteran jiwa dan delapan spesialis non jiwa," ungkapnya Rabu (14/2/2024).

Menurutnya, RSJ Tampan Riau selalu bersedia memberikan dukungan dan perawatan bagi masyarakat yang membutuhkan. RSJ Tampan juga memiliki dokter spesialis untuk orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang menderita penyakit komplikasi.

Dia menyebutkan dokter spesialis non jiwa selama ini bertugas untuk menangani pasien ODGJ dengan penderita penyakit komplikasi seperti diabetes melitus hingga paru. Sehingga mereka memang sudah bertugas di RSJ Tampan selama ini.

RSJ Tampan Riau juga melakukan penguatan poli khusus untuk mengantisipasi kemungkinan adanya caleg dari berbagai kabupaten/kota di Riau yang mengalami depresi akibat kegagalan Pileg. Poli khusus ini berfungsi sebagai pusat konsultasi bagi pasien yang mengalami gangguan kejiwaan.

"Mungkin nanti kami akan menyiapkan poli-poli khusus, karena biasanya mereka (caleg gagal) akan melakukan konsultasi. Poli khusus ini seperti pusat konsultasi untuk yang bermasalah terhadap gangguan kejiwaan. Jadi poli konsultasi ini yang diperkuat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler