Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siaran TV Analog di Medan Bakal Padam 30 Juli 2023

Siaran TV analog di Medan dan sekitarnya akan dipadamkan pada 30 Juli 2023.
TV Analalog./Ilustrasi.
TV Analalog./Ilustrasi.

Bisnis.com, JAKARTA - Siaran TV analog di Medan dan sekitarnya akan dipadamkan pada 30 Juli 2023. Pasalnya, hingga saat ini proses distribusi perangkat set top box (STB) telah mencapai 70 persen.

Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Infomatika (Ditjen PPPI) Kemenkominfo Geryantika Kurnia mengatakan pelaksanaan program Analog Switch Off (ASO) ini akan melengkapi wilayah-wilayah lain yang telah lebih dulu dipadamkan siaran analognya.

"Medan rencananya akan melaksanakan ASO pada 30 Juli 2023 pukul 24.00 waktu setempat karena posisi distribusi STB untuk Rumah Tangga Miskin [RTM] pada hari ini sudah mencapai 70 persen," kata Gery kepada Bisnis, Selasa (4/7/2023).

Seperti diketahui, sejauh ini ASO telah dilakukan di sejumlah kota besar lainnya, yakni Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Palembang, Bali, Banjarmasin, dan Makassar.

Adapun berdasarkan hasil survei Nielsen pada 1 Juli 2023, penetrasi TV digital di 11 kota besar berangsur menuju normal. Hal ini, menurut Gery juga berdampak terhadap penetrasi digital nasional yang mendekati 80 persen.

"Diharapkan setelah ASO di Medan penetrasi TV digital secara nasional akan menuju normal," ucapnya.

Dia menambahkan, sebelum ini jumlah penonton TV analog di 11 kota besar sekitar 59 juta. Sedangkan per 1 Juli 2023, jumlah penonton TV digital sudah sekitar 56 juta.

Sementara itu penonton TV analog secara nasional sebelum ASO sebanyak 130 juta dan posisi 1 Juli 2023 penonton siaran TV digital sekitar 124 juta.

"Siaran TV analog semakin ditinggalkan," imbuh Gery.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper