Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sasar Sektor Kelapa Sawit, Astra Daihatsu Targetkan Pangsa Pasar 42 Persen di Riau

Daihatsu mengincar segmen fixed income dan koperasi sawit di Riau yang jumlahnya cukup banyak. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen dari segmen tersebut,
Daihatsu optimistis dapat mencapai target peningkatan penjualan sebesar 10 persen atau bahkan lebih tinggi lagi dengan meluncurkan model New Terios
Daihatsu optimistis dapat mencapai target peningkatan penjualan sebesar 10 persen atau bahkan lebih tinggi lagi dengan meluncurkan model New Terios

Bisnis.com, PEKANBARU-- PT Astra International Tbk, Daihatsu Sales Operation menargetkan bakal menguasai 42 persen pangsa pasar mobil medium SUV di wilayah Riau. Target ini dipatok usai peluncuran model terbaru New Terios dengan sejumlah pembaruan di tampilan dan fitur unggulannya.

Branch Manager Astra International Daihatsu Sales Operation, Subono Lot To menjelaskan secara umum Daihatsu Terios telah menjadi mobil pilihan utama bagi penduduk Riau, mengingat wilayah ini memiliki banyak perkebunan sawit yang dapat dijangkau dengan mudah oleh model mobil SUV Terios.

"Kemampuan Terios untuk melintasi jalan-jalan di Riau yang banyak perkebunan sawit, menjadi salah satu alasan mengapa mobil ini sangat cocok untuk Riau. Saat ini kami menguasai market share 30,9 persen, kini dengan model terbaru New Terios kami targetkan bisa menguasai 42 persen," ungkapnya Rabu (28/6/2023).

Dia menguraikan secara total market sales mobil di Riau saat ini mencapai 3.000 unit setiap bulan. Untuk pasar medium SUV diperkirakan menyumbang 30 persen total sales mobil, dan Terios sudah memegang 30,9 market share. Penjualan rerata setiap bulan saat ini dari model Terios sebelumnya, sudah tercatat di rentang 300 unit hingga 400 unit.

Sementara itu Kepala Cabang Astra Daihatsu Pekanbaru Sudirman Saulius Farlyan menyebutkan selain model Terios, ada juga model lain seperti pikap Grand Max dan mobil LCGC Sigra Ayla yang mendukung penjualan Daihatsu di Riau. 

Khusus untuk Terios, selama ini memang menyumbang penjualan besar bagi Daihatsu di segmen medium SUV. Salah satu sektor terbesar yang menyumbang penjualan setiap tahunnya adalah dari berbagai perusahaan perkebunan kelapa sawit.

"Keunggulan Terios ini memiliki ground clearance yang tinggi, menjadi salah satu faktor pendorong penjualannya. Selain perkebunan sawit, mobil ini juga cocok digunakan dalam usaha kehutanan HTI atau Hutan Tanaman Industri, dengan lebih dari 150 unit terjual kepada satu perusahaan. Sedangkan di perkebunan sawit biasanya lebih dari 100 unit Terios terjual setiap tahun untuk satu perusahaan. Terlihat bahwa sekitar 30 persen penjualan Terios berasal dari sektor sawit," ungkapnya.

Kini untuk meningkatkan penjualan, Daihatsu mengincar segmen fixed income dan koperasi sawit di Riau yang jumlahnya cukup banyak. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen dari segmen tersebut, New Terios menjadi mobil yang cocok digunakan untuk mengunjungi kebun kelapa sawit, serta sebagai kendaraan keluarga.

Dengan melihat potensi pasar yang masih luas di Riau, Daihatsu optimistis dapat mencapai target peningkatan penjualan sebesar 10 persen atau bahkan lebih tinggi lagi dengan meluncurkan model New Terios. Keandalan Terios dalam menghadapi berbagai medan serta kebutuhan khusus di industri perkebunan membuatnya tetap menjadi pilihan utama di Riau.

Adapun dari sisi pembaruan, dari dapur pacunya, New Terios masih menggunakan mesin 2NR-VE, 4-silinder DOHC dengan teknologi Dual VVT-i yang mencapai volume silinder 1.496cc. Mesin ini dapat memuntahkan daya mencapai 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 13.9 kg-m pada 4.200 rpm. New Terios anyar ini tersedia tiga varian, yakni X, R, dan R Custom yang masing-masing menawarkan transmisi manual dan otomatis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper