Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Status Pandemi Dicabut, Kadin Riau Optimistis Ekonomi Tumbuh Positif

Direktur Eksekutif Kadin Riau Kholis Romli mengatakan keputusan pencabutan status pandemi ini akan membuka peluang dan mobilitas ekonomi yang lebih baik.
Warga menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan/Bisnis-Himawan L Nugraha
Warga menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan/Bisnis-Himawan L Nugraha

Bisnis.com, PEKANBARU - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Riau menyatakan pencabutan status pandemi Covid-19 oleh pemerintah pusat dan peralihan menjadi masa endemi, telah membawa harapan dan pandangan optimistis bagi pertumbuhan perekonomian di Tanah Air.

Direktur Eksekutif Kadin Riau Kholis Romli mengatakan keputusan pencabutan status pandemi ini akan membuka peluang dan mobilitas ekonomi yang lebih baik, meningkatkan kepercayaan diri masyarakat, dan mengembalikan aktivitas bisnis dan investasi ke kondisi normal.

"Pencabutan status pandemi memberikan harapan bagi pertumbuhan ekonomi. Masyarakat akan merasa lebih yakin dalam melanjutkan aktivitas normal mereka, termasuk berbelanja, melakukan perjalanan, dan berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan perputaran ekonomi, membangkitkan bisnis, dan menarik investasi di Provinsi Riau," ungkapnya, Jumat (23/6/2023).

Badan Pusat Statistik Provinsi Riau mencatat pertumbuhan ekonomi Riau triwulan I-2023 dibanding triwulan I-2022 (y-on-y) mengalami pertumbuhan sebesar 3,88 persen. Sedangkan bila dibandingkan triwulan IV 2022 (q-to-q), tercatat mengalami kontraksi sebesar 0,80 persen.

Kholis menyebut dengan pencabutan status pandemi, alokasi anggaran negara seperti APBN atau APBD di daerah, yang sebelumnya dialokasikan untuk penanganan pandemi akan kembali ke dalam anggaran normal seperti sebelum pandemi.

Dengan perubahan struktur anggaran yang kembali seperti sebelum pandemi, pihaknya berharap pemerintah dapat fokus pada pengembangan ekonomi, infrastruktur, sumber daya manusia, serta memberikan insentif dan kemudahan investasi kepada pelaku usaha dan UMKM.

Pihaknya meyakini dengan kebijakan tersebut akan memberikan dampak positif yang dirasakan oleh pelaku usaha dan UMKM di Riau.

Dia mengakui pencabutan status pandemi ini memberikan peluang besar bagi para pengusaha, termasuk UMKM untuk ikut memulihkan dan mengembangkan ekonomi Riau.

Kadin Riau optimistis mobilitas dan aktivitas ekonomi akan kembali normal, yang akan memberikan dorongan signifikan bagi pelaku usaha dan UMKM di daerah ini. 

"Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah dan berbagai pihak terkait untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan menciptakan iklim investasi yang kondusif," ujarnya.

Adapun Kadin Riau juga berharap dengan adanya kepastian dan kondisi yang semakin membaik, para pelaku usaha dan UMKM dapat mengoptimalkan potensi dan kesempatan yang ada untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di Provinsi Riau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper