Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selama Lebaran Pelindo Multi Terminal Berikan Pelayanan Jasa Penumpukan Barang

Pelindo Multi Terminal berfokus pada pengelolaan operasional terminal non-petikemas.
SPMT memberikan keringanan pelayanan jasa penumpukan barang selama periode tanggal 17 April 2023 - 2 Mei 2023.
SPMT memberikan keringanan pelayanan jasa penumpukan barang selama periode tanggal 17 April 2023 - 2 Mei 2023.

Bisnis.com, MEDAN - Pelindo Multi Terminal (SPMT) menjamin kesiapan pelayanan operasional pada Libur dan cuti bersama Idulfitri Tahun 2023 dengan tetap memberikan operasional pelayanan dermaga, bongkar muat, penumpukan, dan jasa lainnya selama 24 jam 7 hari yang sesuai dengan prosedur kepada para pengguna jasa. 

Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah terkait pengaturan lalu lintas dan pengaturan kendaraan angkutan barang pada masa angkutan Lebaran tahun 2023, SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo Multi Terminal Fiona Sari Utami menjelaskan SPMT memberikan keringanan pelayanan jasa penumpukan barang selama periode tanggal 17 April 2023 - 2 Mei 2023. 

"Sebagai bagian dari upaya perusahaan dalam mendukung kebijakan Pemerintah, SPMT juga memberikan keringanan berupa diskon biaya penumpukan bagi pengguna jasa," terang Fiona, Kamis (20/4/2023).

Pelindo Multi Terminal merupakan bagian dari mata rantai logistik utama nasional, yang berfokus pada pengelolaan operasional terminal non-petikemas, seperti terminal curah cair, curah kering, multipurpose, general cargo, gas, dan terminal kendaraan.

Selain itu SPMT juga memastikan implementasi K3 terus dilaksanakan sebagai wujud proses kerja aman, sehat dan selamat untuk menghindari hal-hal yang berisiko mengganggu pelayanan operasional serta risiko terjadinya kecelakaan kerja.

Pengaturan jam kerja operasional pada periode libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023, selalu berkoordinasi dengan pihak Otoritas Pelabuhan setempat dengan mengutamakan pelayanan operasional serta meminimalisir terjadinya pemberhentian atau keterlambatan pelayanan yang akan memengaruhi kelancaran arus barang selama periode itu. 

"Untuk memastikan kelancaran arus logistik selama periode Idul Fitri 1444 H/2023, Pelindo Multi Terminal juga terus berkoordinasi dengan Otoritas Pelabuhan/KSOP di seluruh wilayah operasional SPMT untuk tetap memastikan kelancaran logistik," jelasnya.

Koordinasi ini disebut Fiona berkaitan dengan pemantauan kegiatan bongkar muat barang, koordinasi dengan pihak-pihak terkait, kegiatan pusat pengendalian trafik sebagai pusat informasi dan pelaporan.

"Selama periode libur Idul Fitri ini SPMT juga akan memberikan prioritas sandar kapal penumpang yang membawa pemudik untuk sandar/tambat di area operasional SPMT yang tentunya berkoordinasi dengan regional setempat," pungkas Fiona. 

Pelindo Multi Terminal (SPMT) merupakan Sub-Holding PT Pelindo (Persero) yang fokus pada pengelolaan operasional terminal non-petikemas/multipurpose. SPMT dalam kegiatan operasionalnya mengelola 10 Branch Terminal yang tersebar di wilayah Sumatera yaitu di Belawan dan Dumai, pulau Jawa seperti Jamrud Nilam Mirah, Tanjung Intan, Tanjung Wangi, di Kalimantan yaitu Bagendang, Bumiharjo, Trisakti dan Balikpapan serta di Pulau Sulawesi berada di Makassar.

SPMT saat ini juga mengelola 3 Anak Perusahaan, yaitu PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), PT Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk. (IPCC) yang merupakan terminal kendaraan terbesar di ASEAN, dan PT Terminal Curah Utama (TCU). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ade Nurhaliza
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper