Dorong Pengembangan UMKM, Pegadaian Gandeng Bumdes di Riau

PT Pegadaian Kanwil II Pekanbaru menjalin kerjasama dengan sejumlah Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang ada di Riau.
PT Pegadaian Kanwil II Pekanbaru menjalin kerja sama dengan sejumlah Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang ada di Riau.
PT Pegadaian Kanwil II Pekanbaru menjalin kerja sama dengan sejumlah Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang ada di Riau.

Bisnis.com, PEKANBARU -- PT Pegadaian Kanwil II Pekanbaru menjalin kerja sama dengan sejumlah Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang ada di Riau untuk mendorong pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) setempat. Kerja sama itu dituangkan melalui MoU antara kedua belah pihak.

Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Pekanbaru Maryono mengatakan kebanyakan para pelaku UMKM bergabung dalam Bumdes. Karena itu, melalui kerja sama dengan Bumdes diharapkan UMKM khususnya yang ada di Riau dapat terus naik kelas nantinya.

"Ini menjadi tugas bagi kami. Kami berkewajiban untuk meningkatkan dan memberikan pendampingan dan mendukung pelaku UMKM. Pada umumnya mereka berada di daerah-daerah. Mereka juga tergabung dalam Bumdes. Ini juga menjadi program pemerintah dengan memberdayakan Bumdes, agar lebih produktif lagi, naik kelas dan jangkauan lebih luas," ungkapnya, Rabu (8/3/2023).

Bumdes yang turut hadir dan ikut menandatangani kerja sama diantaranya adalah, Bumdes Talau Mandiri, Amanah Genduang, Nilo Mandiri Suhandi, Kemang Berkah, Sido Makmur, dan Bumdes Palas Bertuah.

Dia mengakui dengan adanya pemberdayaan dan kerja sama nantinya, pihaknya berharap akan lahir UMKM dari lokal menuju nasional, bahkan ke tingkat internasional. 

Sementara itu, Ketua Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) Pekanbaru M Suhandi mengatakan pihaknya senang bisa turut memberikan kontribusi bagi daerah tempat tinggal. Pihaknya berharap dapat bersinergi untuk turut memajukan Bumdes kedepannya. 

"Ini momen awal yang baik. Kami Kagama senang bisa memberikan kontribusi untuk wilayah kami di Riau dan bisa terlibat lebih jauh serta bersinergi dengan Pegadaian. Kita akan upayakan, bagaimana kedepan Bumdes bisa mandiri. Dengan Bumdes masyarakat bisa merasakan manfaatnya. Semoga Bumdes juga bekerjasama dengan BUMN dan lainnya nanti, dan Bumdes akan semakin kuat. Kami siap membantu," imbuhnya. 

Tidak hanya itu, dikatakannya, Bumdes nantinya bisa mengadopsi pola-pola menejemen yang ada di Pegadaian, yang akan membuat Bumdes semakin baik menjemennya. Bumdes merupakan perusahaan pemerintah yang paling kecil, setelah BUMN dan BUMD. Ia berharap, bisa menjalin banyak kerja sama nantinya dengan pihak BUMN mau pun BUMD.

"Kami menamakan ini sebagai gotong royong ekonomi, bagaimana kita secara bersama-sama untuk membangkitkan perekonomian masyarakat. Semoga kami dan Pegadaian nantinya bis saling memberikan input. Ditambah lagi dukungan dari Kagama. Sehingga gotong royong ekonomi tersebut dapat berjalan, dan semakin banyak Bumdes-Bumdes yang akan bergabung nantinya, sekaligus menjadi nasabah Pegadaian," pungkasnya.

1678285659_b76a903d-0eff-4ec6-b3b9-d781913976d0.
1678285659_b76a903d-0eff-4ec6-b3b9-d781913976d0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper