Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-siap, Dishub Sumut akan Sediakan Mudik Gratis Lebaran

Dishub Sumatra Utara (Sumut) memastikan penyediaan layanan mudik gratis menyambut Hari Raya Idulfitri mendatang. 
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, MEDAN - Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatra Utara (Sumut) memastikan penyediaan layanan mudik gratis menyambut Hari Raya Idulfitri mendatang. 

"Yang pasti, mudik gratis ada. Kita lagi mempersiapkan kerangka acuannya. Artinya kita akan memprioritaskan yang mudik," tutur Kepala Dishub Sumut Agustinus, Selasa (21/2/2023).

Terkait mudik gratis ini, ia menyebut akan mempublikasikannya secara resmi pasca penyelenggaraan F1 Powerboat World Championship (F1H2O), atau tepatnya pekan depan.

"Abis itu (F1H2O), baru kita akan fokus ke mudik gratis," ujarnya.

Meskipun begitu, Agustinus menyampaikan bahwa hingga kini Dishub telah membuat rancangan dan memulai persiapan identifikasi penumpang yang nantinya mendaftarkan diri di aplikasi resmi yang disediakan secara resmi oleh Dishub Sumut.

"Jadi penumpang nanti tinggal registrasi melalui aplikasi yang kita buat, nanti kita yang verifikasi. Ada mengisi beberapa data, seperti nanti mengupload KTP, begitu. Jadi nanti tinggal kita yang verifikasi," sambungnya.

Nantinya penumpang yang mendaftarkan diri namun bukan untuk tujuan mudik, Agustinus menegaskan bahwa permohonan tersebut nantinya akan ditolak oleh sistem.

Karena pada dasarnya layanan mudik gratis hanya diperuntukkan bagi yang masyarakat yang akan mudik saja, bukan untuk tujuan berwisata ataupun lainnya. 

Perihal lokasi yang akan menjadi destinasi mudik gratis, nantinya juga akan dipaparkan pada saat publikasi. Namun, Agustinus memberi bocoran bahwa akan ada 6 lokasi yang disediakan bagi calon pemudik.

"Itu kita tetapkan sekitar 6 lintasan, baru nanti kita publish," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ade Nurhaliza
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper