Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gudang Konsolidator Ekspor Permudah Dukung Bisnis Logistik di Aceh

Gudang konsolidator dapat dimanfaatkan eksportir dan pelaku usaha lainnya untuk mengirimkan barang langsung dari Aceh ke negara tujuan.
Terminal cargo di Bandara Rembele, Bener Meriah./Antara
Terminal cargo di Bandara Rembele, Bener Meriah./Antara

Bisnis.com, BANDA ACEH - Bank Indonesia menyatakan kehadiran layanan gudang konsolidator di terminal kargo Bandara Rembele yang dioperasikan PT Pos Indonesia (Persero) akan memudahkan eksportir dan pelaku usaha untuk mengirimkan barang langsung dari Aceh dan negara tujuan.

“Kehadiran gudang konsolidator akan memberi kemudahan pengurusan prosedur ekspor yang bersifat one stop services di Bandara Rembele dapat dimanfaatkan eksportir dan pelaku usaha lainnya untuk mengirimkan barang langsung dari Aceh dan semakin mempercepat ekspor,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Achris Sarwani di Banda Aceh, Jumat (20/1/2023).

Pernyataan itu disampaikannya terkait edukasi yang dilakukan pihaknya kepada pelaku usaha lewat sosialisasi kepada eksportir dan pelaku usaha di Bener Meriah dan Aceh Tengah beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan dalam edukasi tersebut memberikan informasi kepada eksportir dan pelaku usaha di Bener Meriah dan Aceh Tengah mengenai prosedur ekspor, kemudahan pengiriman barang melalui Bandara Rembele dan terobosan penyediaan gudang konsolidator yang akan dioperasikan oleh PT Pos Indonesia (Persero).

Pihaknya berharap fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan eksportir dan pelaku usaha lainnya untuk mengirimkan barang langsung dari Aceh ke negara tujuan.

Ia menyebutkan sosialisasi percepatan ekspor Aceh diikuti 30 eksportir dan pelaku usaha/UMKM lainnya, serta instansi terkait.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe, Gunawan, Pj Sekda Bener Meriah, Armansyah, dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Aceh Tengah, Mursyid.

Pihaknya juga menghadirkan narasumber yakni Kanwil Bea Cukai Aceh Safuadi, Kantor Bea Cukai Lhokseumawe Mochammad Munif, PT Pos Indonesia (Persero) Banda Aceh Nur Zamaludin, Pengelola Bandara Rembele Subhan, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Banda Aceh Ibrahim, dan Stasiun Karantina Ikan Banda Aceh Diky Agung Setiawan.

PT Pos Indonesia (Persero) Banda Aceh berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dalam proses pengiriman barang asal Aceh, melalui gudang konsolidator dan kemudahan pengurusan prosedur, serta tarif yang kompetitif.

Adapun keunggulan layanan gudang konsolidator yang ditawarkan PT Pos Indonesia (Persero) yaitu proses perizinan satu atap yang mencakup karantina, kepabeanan, dan transportasi.

Kemudian storage free atau bebas biaya simpan di gudang konsolidator, fasilitas transportasi interconnecting, fasilitas loading dan unloading untuk transit kontainer hingga sampai tujuan, ada fasilitas tracking untuk memudahkan monitoring ETD (Estimated Time of Departure) dan ETA (Estimated Time of Arrival).

Kanwil Bea Cukai Aceh Safuadi dalam kesempatan tersebut menyampaikan akan pentingnya pencatatan pengiriman barang ekspor Aceh melalui Kantor Bea Cukai yang ada di Aceh.

“Ke depannya saya berharap Provinsi Aceh dapat sepenuhnya menerima dana hasil ekspor (DHE) secara utuh dengan seluruh proses pengiriman dari Aceh sendiri,” kata Safuadi.

Informasi dari Pengelola Bandara Rembele, Subhan persiapan pengangkutan kargo udara dari Bandara Rembele – Bandara Halim Perdanakusuma akan dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper