Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerbangan Pekanbaru-Madinah Kembali Hadir, Terakhir 2019

Penerbangan charter umrah oleh Lion Air, setelah sebelumnya terakhir kali beroperasi pada 2019 lalu.
Jemaah umrah asal Pekanbaru saat berada di Bandara Sultan Syarif Kasim II, dan akan terbang langsung ke Madinah Arab Saudi dengan layanan rute penerbangan internasional charter umrah dari maskapai Lion Air, Rabu (18/1/2023)./Istimewa
Jemaah umrah asal Pekanbaru saat berada di Bandara Sultan Syarif Kasim II, dan akan terbang langsung ke Madinah Arab Saudi dengan layanan rute penerbangan internasional charter umrah dari maskapai Lion Air, Rabu (18/1/2023)./Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU — PT Angkasa Pura II (Persero) pengelola Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru kembali melayani penerbangan langsung charter umrah, seiring dengan beroperasinya kembali layanan penerbangan charter umrah direct dari Pekanbaru ke Madinah oleh maskapai Lion Air.

Executive General Manager (EGM) Bandara SSK II Pekanbaru, M. Hendra Irawan menjelaskan hari ini telah dibuka kembali rute penerbangan internasional pelayanan charter umrah, dengan nomor penerbangan JT-056.

"Pesawat dari Pekanbaru langsung menuju Madinah Arab Saudi, dengan membawa penumpang sebanyak 213 orang jemaah umrah menggunakan pesawat B-737 seri 800NG yang berasal dari beberapa biro travel," ujarnya, Rabu (18/1/2023).

Irawan mengucapkan selamat atas dibukanya kembali penerbangan charter umrah oleh Lion Air, setelah sebelumnya terakhir kali beroperasi pada 2019 lalu. Pihaknya berharap dengan dibukanya layanan umrah dengan penerbangan langsung ini akan menjadi salah satu pilihan masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah umrah dengan lebih mudah.

Pengaktifan kembali rute penerbangan internasional ini menurutnya merupakan hasil dari dukungan seluruh pihak terkait, meliputi Pemerintah Provinsi Riau, Satgas Covid-19, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan serta seluruh stakeholder bandara meliputi Lanud Roesmin Nurjadin, Imigrasi, Bea Cukai, Karantina, KKP dan Airnav sehingga protokol Covid 19 dan regulasi internasional, sejak bandara Pekanbaru juga telah ditetapkan sebagai entry point internasional dan hingga kini dapat berjalan dengan baik.

Wakil Gubernur Riau, Edy Afrizal Natar Nasution berharap kepada maskapai dan pihak terkait dapat memberikan layanan yang baik kepada jemaah umrah agar tercipta kenyamanan dan ketenangan saat beribadah.

Edy mewakili Pemerintah Provinsi Riau mengucapkan terima kasih kepada PT Angkasa Pura II yang telah memberikan layanan terbaik kepada jamaah umrah, dan Kanwil Kemenag Riau yang telah mengkoordinir jemaah umrah. Pihaknya juga berharap agar sinergi yang telah terjalin terus dipertahankan agar seluruh jamaah umrah asal Riau dapat melaksanakan ibadah dengan nyaman dan tenang.

Adapun penerbangan ini diberangkatkan dari Bandara SSK II Pekanbaru pada pukul 08.55 WIB dan dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional King Mohammad bin Abdul Aziz, Arab Saudi pada pukul 15.50 waktu setempat.

Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic Lion Air mengatakan Lion Air memulai kembali layanan penerbangan umrah yang dijadwalkan 18 Januari 2023 dengan program 10 hari dari Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru (PKU) ke Madinah – Bandar Udara Internasional King Mohammad bin Abdul Aziz, Arab Saudi (MED) dan Jeddah – Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz, Arab Saudi (JED).

Pihaknya menyampaikan pelaksanaan umrah 2023 sebagai bentuk kesungguhan Lion Air dalam mengakomodir dan memfasilitasi kebutuhan perjalanan ibadah. 

Danang menyebut penerbangan umrah melalui Pekanbaru akan membantu masyarakat yang berasal dari Kota Dumai, Kota Pekanbaru, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, serta wilayah Riau yang lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper