Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Imlek 2574, Tionghoa Padang Kembali Gelar Festival Cap Go Meh 2023

Perayaan Imlek tahun 2023 akan kembali menggelar Festival Cap Go Meh setelah sempat urung digelar selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PADANG - Tionghoa di Kota Padang, Sumatra Barat, memastikan perayaan Imlek tahun 2023 ini akan kembali menggelar Festival Cap Go Meh setelah sempat urung digelar selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Penasehat Panitia Festival Cap Go Meh 2023 Albert Hendra Lukman mengatakan seiring telah dicabutnya PPKM oleh Presiden RI Joko Widodo pada Desember 2022 lalu, maka pada momentum Imlek 2574 ini Tionghoa di Padang kembali menggelar Festival Cap Go Meh.

"Festival Cap Go Meh 2023 ini akan digelar pada 5 Februari 2023 mendatang, dan yang terlibat ada sebanyak 3.000 orang yang akan menampilkan berbagai atraksi, mulai dari arakan-arakan kio, sipasan, barongsai, serta ada juga dari penampilan atraksi nusantara yakni budaya Jawa dan juga dari Sumbar," jelasnya, Selasa (17/1/2023).

Albert menjelaskan melalui kegiatan Cap Go Meh 2023 ini ada harapan baru bagi Tionghoa dan juga bagi masyarakat secara umum di Padang. Karena memang, pada momentum Imlek 2574 ini mengusung persatuan keberagaman budaya.

"Jadi silahkan datang nantinya, Festival Cap Go Meh ini terbuka secara umum untuk disaksikan di Kampung Pondok atau di kawasan Kota Tua Padang," ujar Albert yang juga Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi PDIP ini.

Dia juga menegaskan kendati Festival Cap Go Meh 2023 ini adalah perayaan pertama setelah dicabutnya PPKM di Indonesia, Tionghoa di Padang tidak menargetkan adanya capaian penghargaan Rekor MURI.

"Soal Rekor MURI dan penghargaan lainnya, kita sudah pernah dapatkan. Peserta terbanyak, Sipasan terpanjang, dan lainnya. Jadi tahun ini kita mengedepankan persatuan keberagaman, bukan cari-cari penghargaan," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar Luhur Budianda mengatakan, sangat mendukung adanya Festival Cap Go Meh 2023 ini, karena iven tersebut menjadi iven perdana di tahun 2023 seiring mendukung Visit Beautiful West Sumatra 2023.

"Kita akan menyampaikan Festival Cap Go Meh 2023 ke berbagai pihak melalui promosi. Bahkan kita berencana akan mengundang Duta Besar Cina di Jakarta untuk datang ke Padang menyaksikan Festival Cap Go Meh ini," ujarnya.

Meski belum bisa memasang target kunjungan wisatawan, namun Budi berharap momen Imlek 2574 ini banyak wisatawan yang datang ke Padang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper