Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Muba Siapkan Lahan 30 Ha untuk Pabrik Minyak Goreng

Lahan tersebut merupakan aset Pemkab Muba di mana sebelumnya adalah pusat bisnis dan pembangunan pertanian bernama Madec.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 28 Desember 2022  |  17:30 WIB
Muba Siapkan Lahan 30 Ha untuk Pabrik Minyak Goreng
Pj Bupati Kabupaten Musi Banyuasin Apriyadi (kanan) meninjau perkebunan kelapa sawit di kabupaten tersebut. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, menyiapkan lahan seluas 30 hektare di Kecamatan Keluang untuk menjadi lokasi pabrik minyak goreng.

Pj Bupati Musi Banyuasin Apriyadi mengatakan lahan tersebut merupakan aset Pemkab Muba di mana sebelumnya adalah pusat bisnis dan pembangunan pertanian bernama Muba Agriculture Development and Entrepreneurship Centre (Madec).

"Lahan Madec ini kan tidak maksimal lagi, kalau memang nantinya investor cocok kita akan siapkan lahan untuk pendirian pabrik minyak goreng," katanya, Rabu (28/12/2022).

Apriyadi melanjutkan bahwa pencana pendirian pabrik minyak goreng tersebut merupakan langkah pemkab dalam menerapkan keberlanjutan pabrik CPO di Kecamatan Sungai Lilin, di mana  dalam waktu dekat akan dilakukan groundbreaking. 

Dia mengaku, saat ini pihaknya sudah menjajaki komunikasi dengan beberapa investor terkait rencana pendirian pabrik minyak goreng.

"Nanti skemanya pakai BUMD sehingga bisa punya saham," kata Apriyadi. 

Apriyadi mengaku optimistis untuk mewujudkan mimpi pendirian pabrik migor di Muba terlebih ini merupakan skema sustanaible atau keberlanjutan upaya hilirisasi kelapa sawit di Muba. 

"Beberapa investor sempat khawatir persoalan pasokan, kita kan punya DMO atau batas wajib pasok, jadi nggak perlu khawatir kalau skema BUMD itu Pemkab bisa koordinasi dengan semua pabrik CPO di Muba untuk minta DMO, Kita beli kok bukan minta," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musi banyuasin minyak goreng
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top