Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sumsel Deflasi Lagi 0,06 Persen

Berdasarkan catatan BPS Sumsel laju penurunan indeks harga konsumen (IHK) itu telah terjadi selama dua bulan berturut-turut di pengujung 2022.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 01 Desember 2022  |  15:35 WIB
Sumsel Deflasi Lagi 0,06 Persen
Pedagang cabai melayani pembeli di salah satu pasar di Jakarta, Rabu (6/7/2022). Bisnis - Eusebio Chysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, PALEMBANG -- Sumatra Selatan tercatat kembali mengalami deflasi pada November 2022, yakni sebesar 0,06 persen.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik Sumatra Selatan (BPS Sumsel) laju penurunan indeks harga konsumen (IHK) itu telah terjadi selama dua bulan berturut-turut di pengujung tahun 2022.

Kepala BPS Sumsel Zulkipli mengatakan upaya pemerintah daerah untuk mengendalikan inflasi yang kadung tinggi pada beberapa bulan sebelumnya patut diapresiasi.

"Kondisi Sumsel dari bulan ke bulan sudah lebih baik jika dibandingkan nasional," katanya, Kamis (1/12/2022).

Dia memaparkan bahwa penyebab deflasi di Sumsel lantaran harga cabai merah turun 17,68 persen dan ikan mujair turun 2,47 persen. Begitu pula untuk harga tarif angkutan udara turun 4,66 persen.

"Inilah yang menyebabkan kelompok bahan makanan,minuman dan tembakau alami deflasi cukup tajam," katanya.

Meski inflasi selama dua bulan terakhir melandai, namun BPS tetap mengingatkan bahwa pemerintah masih perlu mewaspadai gejolak harga di komoditas pangan, terutama untuk beras.

Zulkipli mengemukakan bahwa beras masih menjadi penyumbang inflasi di Sumsel, bahkan diperkirakan sampai pengujung tahun beras akan tetap jadi kontributor inflasi.

"Walaupun kita tahu sudah ada upaya untuk perbaiki tata niaga beras, namun dari Januari sampai November masih alami kenaikan," katanya.

Dia menambahkan bahwa laju inflasi Sumsel secara tahun ke tahun (year on year) juga tergolong masih tinggi dan di atas nasional, yakni sebesar 5,87 persen. Begitu pula secara kumulatif, Sumsel masih tercatat inflasi sebesar 5,43 persen hingga November 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

deflasi sumsel
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top