Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Festival Pesona Minangkabau Momentum Kebangkitan Pariwisata Sumbar

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, kembali menggelar Festival Pesona Minangkabau.
Muhammad Noli Hendra
Muhammad Noli Hendra - Bisnis.com 17 November 2022  |  19:08 WIB
Festival Pesona Minangkabau Momentum Kebangkitan Pariwisata Sumbar
Festival Pesona Minangkabau yang digelar di Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, Kamis (17/11/2022). - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, BATUSANGKAR — Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, kembali menggelar Festival Pesona Minangkabau kali kelima dan menandai momentum kebangkitan pariwisata di Sumbar.

Staf Ahli Kreatif dan Inovasi Kemenparekraf RI Joshua Puji Mulia mengatakan Festival Pesona Minangkabau sudah menjadi bagian dari kalender event nasional dan berpotensi besar menggaet wisatawan.

"Banyak potensi pariwisata di Sumbar ini. Jadi untuk mengangkat potensi itu, perlu ada promosi. Nah pada event inilah, kita bisa memunculkan potensi pariwisata itu," ujarnya usai meresmikan Festival Pesona Minangkabau di Istano Basa Pagaruyung, Kamis (17/11/2022).

Dia berharap event-event terkait pariwisata di Sumbar dapat digelar secara berkelanjutan. Artinya tidak hanya di satu daerah saja, tapi di tiap-tiap daerah bisa menggelar kegiatan yang dapat mendatangkan wisatawan.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, mengatakan, bicara event pariwisata, Kabupaten Tanah Datar, merupakan daerah yang sangat sering menggelar event, mulai dari tingkat nagari, sehingga turut memperkenalkan potensi pariwisata di desa.

"Saya melihat Tanah Datar adalah daerah yang sangat konsen terhadap event pariwisata ini. Hal ini tentu akan memberikan dampak geliat perekonomian masyarakat. Semoga kabupaten dan kota lainnya di Sumbar bisa melakukan kegiatan yang sama pula," harap Audy.

Sebagai contoh kata Wagub, dengan adanya program unggulan Tanah Datar Satu Nagari Satu Event, nilai perputaran uang sepanjang tahun 2022 melalui 14 event yang dihelat diperkirakan mencapai lebih dari Rp11 miliar.

Audy menjelaskan, sebagai sektor yang sedang bertumbuh di Sumbar, perpaduan pariwisata dengan sektor unggulan Sumbar, yakni pertanian menjadi salah satu hal yang menjadi keunggulan Tanah Datar.

"Ini adalah sebuah inovasi yang saya rasa patut dicontoh kabupaten lain. Karena ini berdampak langsung ke masyarakat karena melibatkan UMKM pangan maupun non pangan," ujar Wagub.

Menurutnya dengan adanya event tersebut menjadi momentum kebangkitan pariwisata di Sumbar, karena semenjak pandemi Covid-19 melanda, dunia pariwisata sangat merasakan dampaknya.

Sementara itu Bupati Tanah Datar, Eka Putra menyebutkan Festival Pesona Minangkabau tersebut, merupakan event budaya Minangkabau terbesar di Sumbar yang digelar dari 17-20 November 2022.

Pada event tersebut didukung sebanyak 600 orang penari. Dimana pada Festival Pesona Minangkabau akan menampilkan kekayaan seni pertunjukan, pawai budaya dari 18 kontingen, silek galombang, gandang tambua tansa, fashion show, randai, pameran stan, maupun kuliner dan UMKM di masing-masing nagari, dan banyak lainnya.

"Progul pariwisata satu nagari satu event pemicu aktifnya sanggar-sanggar seni budaya, olahraga dan UMKM Nagari, serta meningkatkan kunjungan wisata ke Tanah Datar," jelasnya.

Sebagai Nagari Tuo di Minangkabau, menurut Eka Putra hal tersebut merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Tanah Datar terhadap kelestarian budaya Minangkabau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar Pariwisata
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top