Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkab Muba Gandeng Telkom Bangun Jaringan Fiber Optik di 15 Kecamatan

Kerja sama itu sebagai upaya untuk mengembangkan Muba menuju konsep kabupaten pintar (smart regency).
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 15 November 2022  |  19:42 WIB
Pemkab Muba Gandeng Telkom Bangun Jaringan Fiber Optik di 15 Kecamatan
Pj Bupati Musi Banyuasin Apriyadi (kedua dari kiri) menandatangani kesepakatan bersama dengan PT Telkom untuk pembangunan smart regency di kabupaten itu. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menjalin kerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau Telkom untuk membangun jaringan fiber optik di 15 kecamatan.

Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) Apriyadi mengatakan kerja sama itu sebagai upaya untuk mengembangkan Muba menuju konsep kabupaten pintar (smart regency).

"Saya apresiasi atas terobosan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Muba menggandeng PT Telkom Indonesia Witel Sumsel, untuk membuat daerah kita menajadi bebas blankspot," katanya, Selasa (15/11/2022).

Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga mengatakan kerja sama itu sebagai upaya yang terarah, terpadu dan berkelanjutan yang dilakukan bersama oleh para pihak dalam pembangunan Smart Regency Musi Banyuasin.

"Kesepakatan Bersama ini bertujuan, mengembangkan dan memanfaatkan potensi daerah serta meningkatkan kapasitas perangkat daerah dan masyarakat melalui penerapan dan pemasyarakatan teknologi digital, guna mendukung pembangunan Kabupaten Muba untuk mewujudkan Smart Regency Muba,"bebernya.

Dia melanjutkan, kemudian untuk meingkatkan penggunaan teknologi informasi government to government, maupun citizen to government sehingga pelaksanaan pelayanan publik di Kabupaten Muba yang berbasis teknologi informasi dapat terwujud.

Adapun ruang lingkup kerja sama ini meliputi, pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan jaringan akses koneksi internet di seluruh wilayah kecamatan.

Telkom akan melakukan pembangungan jaringan fiber optik ke 13 kecamatan, serta pemasangan internet satelit star link untuk dua kecamatan, serta pembangunan pusat digital kreatif.

Apriyadi megatakan, kerja sama dengan Telkom itu membuat pihaknya  mendapatkan energi baru untuk mempercepat pembangunan Kabupaten Muba terutama dalam sektor telekomunikasi.

Apalagi, kata dia, kemajuan telekomunikasi itu dapat berdampak positif untuk sektor lainnya, salah satunya UMKM yang berbasis digital.

Sementara itu General Manager Witel Sumsel PT Telkom Indonesia, Setyawan Nugroho, mengatakan pihaknya mendukung kemajuan daerah lewat pemerataan sektor telekomunikasi.

"Kami bersama Pemkab Muba sepakat untuk membangun dan mengembangkan suatu sistem berbasis digital sesuai tuntutan zaman saat ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musi banyuasin telkom
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top