Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kunjungan Wisman ke Riau Tumbuh Dobel Digit

Kunjungan wisman ke Riau mendapat tuah kebijakan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia membuka kembali pelabuhan Internasional Dumai-Malaka.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 06 November 2022  |  23:26 WIB
Kunjungan Wisman ke Riau Tumbuh Dobel Digit
Kapal ferry Indomal yang melayani rute penyeberangan internasional Dumai-Melaka, Jumat (6/5 - 2022). Dengan dibukanya layanan tersebut, diharapkan kunjungan pariwisata dan aktivitas perekonomian Riau terus meningkat. Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau menyatakan jumlah wisatawan (wisman) yang datang ke Provinsi Riau pada September 2022 lalu mencapai 2.930 kunjungan.

Kepala BPS Riau Misfaruddin menjelaskan bahwa kenaikan kunjungan wisman salah satunya didorong kebijakan pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia yang membuka kembali pelabuhan Internasional Dumai-Malaka yang selama dua tahun terakhir ini tidak beroperasi akibat pandemi Covid 19.

"Alhamdulillah ada kenaikan kunjungan wisman mencapai 18,77 persen pada September 2022 dari bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 2.467 kunjungan wisman," ujarnya Minggu (6/11/2022).

Selain dari pintu masuk pelabuhan, meningkatnya kunjungan wisman ke Riau juga didorong setelah dibukanya kembali rute penerbangan internasional melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II.

Jika dilihat jumlah wisatawan mancanegara menurut pintu masuk maka jumlah wisatawan mancanegara yang masuk melalui pelabuhan Dumai sebanyak 2.401 kunjungan atau 81,95 persen dari seluruh jumlah wisman. Sisanya, melalui pelabuhan Bengkalis ada sebanyak 257 kunjungan atau 8,77 persen.

Sementara itu, jumlah wisman yang tercatat masuk dari Bandara SSK II sebanyak 272 kunjungan wisman atau 9,28 persen dari seluruh jumlah wisman. "Para wisman ini paling banyak masuk ke Riau melalui jalur pelabuhan Dumai."

Dia menambahkan setelah hampir 2 tahun lebih penerbangan internasional di Bandara SSK II ditutup akibat pandemi Covid-19 akhirnya Pemerintah Riau mulai membuka kembali penerbangan internasional sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 34 tahun 2022 yang dikeluarkan pada tanggal 4 Juli 2022.

"Selama September 2022, tercatat 272 kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Provinsi Riau melalui Bandara SSK II atau naik 132,48 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang terdapat 117 kunjungan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisatawan riau turis pelabuhan Covid-19
Editor : M. Nurhadi Pratomo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top