Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PT Semen Padang Raih Sertifikat Gold Reward SMP Obvitnas dari Kapolri

PT Semen Padang berhasil meraih sertifikat Gold Reward Sistem Manajemen Pengamanan (SMP) Objek Vital Nasional (Obvitnas) dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Jakarta, Kamis (7/7/2022).
Noli Hendra
Noli Hendra - Bisnis.com 07 Juli 2022  |  19:03 WIB
PT Semen Padang Raih Sertifikat Gold Reward SMP Obvitnas dari Kapolri
Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar (tengah) foto bersama Kakorsabhara Baharkam Polri Irjen Pol.Drs. Priyo Widyanto (kanan) dan Dirpamobvit Korsabhara Baharkam Polri Brigjen.Pol. Suhendri (kiri), usai penyerahan sertifikat Gold Reward di Jakarta, Kamis (7/7/2022). - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Semen Padang berhasil meraih sertifikat Gold Reward Sistem Manajemen Pengamanan (SMP) Objek Vital Nasional (Obvitnas) dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Penyerahan sertifikat tersebut dilakukan oleh Kapolri yang diwakili Kakorsabhara Baharkam Polri Irjen.Pol.Drs. Priyo Widyanto, MM kepada Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar.

Kakorsabhara Baharkam Polri Irjen Pol Priyo Widyanto mengatakan penilaian untuk meraih sertifikat Gold Reward SMP Obvitnas dilakukan melalui proses yang ketat. Sehingga tidak semua yang mengajukan diproses , dan mendapatkan emas.

"Selamat bagi yang berhasil meraih Gold Reward SMP Obvitnas, karena pencapaian predikat emas ini merupakan hal sangat baik," katanya, dalam keterangan tertulis, Kamis (7/7/2022).

Di kesempatan itu, Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar mengaku bangga atas keberhasilan meraih Gold Reward SMP Obvitnas dari Kapolri.

Menurutnya prestasi tersebut turut membuktikan bahwa PT Semen Padang telah melaksanakan SMP Obvitnas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yakni, Perpol No 7 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Perkap No 13 Tahun 2017 tentang Pemberian Bantuan Pengamanan pada Obvitnas dan Objek Tertentu.

Ia menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran kepolisian dalam hal ini Baharkam Polri, Polda dan jajaran Polres yang telah melakukan pembinaan dan mendukung PT Semen Padang dalam implementasi SMP Obvitnas selama ini, sehingga sukses meraih prestasi tersebut.

"Untuk meraih sertifikat ini, PT Semen Padang telah melalui proses pembinaan teknis dan audit terhadap seperangkat elemen pengamanan yang terdiri dari komitmen dan kebijakan, pola pengamanan, konfigurasi standar pengamanan, standar kemampuan pelaksanaan pengamanan dan monitoring evaluasi dari Tim Baharkam Mabes Polri," kata Asri.

Dia berharap keberhasilan meraih sertifikat dengan kategori tertinggi tersebut selain mengangkat citra perusahaan, juga menjadi trigger bagi jajaran terkait di PT Semen Padang untuk terus meningkatkan implementasi SMP sehingga mampu mempertahankan pencapaian ini ke depannya.

Sebelum menerima sertifikat ini PT Semen Padang telah menjalani audit dari Tim Baharkam Mabes Polri pada 6 - 8 April 2022.

Ada enam elemen penilaian yang dilakukan Tim Baharkam, yaitu komitmen dan kebijakan SMP, pola pengamanan, konfigurasi pengamanan, standar kemampuan pelaksana pengamanan dan monitoring dan evaluasi.

Dari enam elemen penilaian itu, PT Semen Padang berhasil meraih nilai total 89,96 persen. Dengan raihan nilai tersebut, Tim Baharkam menyatakan PT Semen Padang layak meraih Sertifikat Gold (untuk nilai 86-100).

Tim Auditor Baharkam Mabes Polri saat itu dipimpin Dirpamobvit Baharkam Polri Brigjen Pol. Suhendri sebagai penanggung jawab, terdiri dari Kombes Pol Murry Mirranda (Ketua Tim), Roy Kusumawardana (anggota), Ir. Mohammad Zari (anggota), I Andy Mulyadi (anggota), dan Iptu Debbie Novia Rizal (anggota). Serta juga turut hadir, Direktur Ditpamobvit Polda Sumatera Barat, dan Kombes Pol Hardian Indra Nurinta.

Selanjutnya, pada 23-25 Mei 2022 Tim Direktorat Pamobvit Korsabhara Baharkam Polri yang dipimpin, Kombes Pol Dede Ruhiat Djunaidi melakukan klarifikasi terhadap hasil audit implementasi SMP Obvitnas di PT Semen Padang.

Klarifikasi yang dilakukan selama tiga hari itu, merupakan lanjutan dari proses sertifikasi SMP Obvitnas berdasarkan Perpol No 7 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Perkap No 13 Tahun 2017 tentang Pemberian Bantuan Pengamanan pada Obvitnas dan Objek Tertentu.

"Jadi ada empat tahapan dalam proses sertifikasi SMP Obvitnas tersebut, yaitu bimtek, audit, klarifikasi dan penyerahan sertifikasi. Alhamdulillah, kini kita menerima penghargaan yang berarti ini," tegasnya. (k56)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semen padang
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top