Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Geliat UMKM OKU Merintis Usaha Saat Pandemi Covid-19

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu mendukung usaha lokal dengan menghadirkan UMKM sektor kuliner di Festival Anjungan Sumatra Selatan 2022.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 23 Juni 2022  |  19:16 WIB
Petugas booth UMKM Sakinah, Regina Juliambarika, sedang menjelaskan produk-produk yang dijual di Festival Anjungan Sumatra Selatan 2022, Kamis (23/6/2022). -Bisnis - Aisya Fadilla Triana
Petugas booth UMKM Sakinah, Regina Juliambarika, sedang menjelaskan produk-produk yang dijual di Festival Anjungan Sumatra Selatan 2022, Kamis (23/6/2022). -Bisnis - Aisya Fadilla Triana

Bisnis.com, PALEMBANG - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu mendukung usaha lokal dengan menghadirkan UMKM sektor kuliner di Festival Anjungan Sumatra Selatan 2022.

Adapun UMKM yang digandeng Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu (Dekranasda OKU) tersebut adalah pusat oleh-oleh dan resto, Sakinah.

Perwakilan Sakinah, Regina Juliambarika, mengatakan pihaknya memulai usaha di tengah pandemi, tepatnya pada Januari 2022.

"Kami diajak kerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) OKU. Kami kan sudah punya supplier lokal di Baturaja, jadi tinggal satu jalan sama pemerintah" katanya kepada  Bisnis.com, Kamis (23/6/2022).

Diketahui, Festival Anjungan Sumatra Selatan 2022 adalah ajang yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) dan Dekranasda Sumsel.

Festival tersebut menghadirkan 16 Kota/Kabupaten di Sumsel untuk memamerkan produk UMKM serta berbagai kerajinan dan kesenian terbaik dari setiap daerah.

Sebagai UMKM baru, Regina tentu merasa terbantu karena usahanya berhasil terpilih untuk menemani Dekranasda OKU di festival yang akan berlangsung pada 23 - 24 Juni 2022.

"Kita merasa sangat terbantu ya dengan acara ini. Jadinya orang itu tahu kalau kita ini tempat beli oleh-oleh dan makanan," ungkapnya.

Di tengah gejolak pandemi saat ini, Regina mengungkapkan harapan besarnya untuk pertumbuhan UMKM Indonesia yang mulai beranjak bangkit.

"Harapannya semoga UMKM indonesia makin tumbuh. Namanya sedang berusaha, jangan ragu untuk jalin kolaborasi dengan banyak pihak dan tetap semangat menjalani usaha," katanya.

Di Festival Anjungan Sumatra Selatan tahun ini, Regina semangat menghadirkan produk terbaik yang dianggap mampu merepresentasikan usahanya.

"Produk kita ada kripik singkong khas Baturaja, kacang tojin, kurcok alias kurma coklat, dan yang terbaru ini ada brownies chip. Brownies chip ini nggak semudah bikin brownies biasanya, jadi ini best seller di toko kami," katanya.

Untuk makanan ringan dengan kualitas premium, Sakinah berusaha mematok kisaran harga yang kompetitif dan ramah di kantong.

"Range harganya mulai dari Rp11.000 untuk makanan semacam keripik coklat. Kalau yang paling mahal itu Rp17.000," terangnya.

Sedangkan untuk kerajinan tangan, Sakinah menghadirkan variasi produk seperti gantungan kunci seharga  Rp17.000 hingga keranjang ukuran sedang seharga Rp64.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top