Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terbukti Jadi Solusi Saat Pandemi, Bank Indonesia Dorong UMKM Kembangkan Pasar Online

Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Selatan mendukung pengembangan pasar online untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di provinsi tersebut.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PALEMBANG – Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Selatan mendukung pengembangan pasar online untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di provinsi tersebut.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Selatan (BI Sumsel) Erwin Soeriadimadja mengatakan pihaknya pun menggelar program UMKM on boarding yang bertajuk ‘Peh Bejajo Online (Ayo Berjualan Online)’, untuk pelaku usaha.

“Dalam pelaksanan program itu, bakal ada serangkaian pelatihan serta pendampingan oleh Bank Indonesia yang berkaitan dengan pasar online dan digitalisasi,” katanya, saat webinar UMKM on-boarding, Senin (13/6/2022).

Erwin menerangkan bank sentral secara konsisten melaksanakan program on-boarding UMKM baik kepada UMKM mitra maupun juga binaan sejak pandemi tahun 2020 lalu.

Dia menjelaskan lewat survei yang dilakukan oleh Bank Indonesia dengan target sampel sebanyak 107 UMKM pada tahun 2020, ditemukan bahwa 90,1 persen dari UMKM terdampak akibat pandemi 2019.

“Dampaknya itu mengakibatkan terjadinya penurunan penjualan, keterbatasan akses modal dan hambatan distribusi kas,” katanya,

Erwin melanjutkan dalam menghadapi dampak itu ternyata penjualan online menjadi strategi utama pelaku usaha.

Di mana sebanyak 47 persen UMKM melakukan penjualan online. Sementara, sisanya sebesar 25 persen melakukan diversifikasi produk dan sebanyak 23,5 persen melakukan distribusi produk dan masuk ke penjualan digital.

"Melihat data tersebut kami melihat diperlukan adanya upaya yang serius dalam mengembangkan pasar online kepada pelaku UMKM,” jelasnya.

Menurut dia, lewat program itu pelaku akan diberikan wawasan untuk penguatan motivasi menebus pasar secara lebih luas, dengan memanfaatkan pasar online.

“Selanjutnya pelaku UMKM bakal diberikan pendampingan secara intensif dengan diikuti proses monitoring oleh pengembangan UMKM,” katanya. (M09)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper