Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terbukti Jadi Solusi Saat Pandemi, Bank Indonesia Dorong UMKM Kembangkan Pasar Online

Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Selatan mendukung pengembangan pasar online untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di provinsi tersebut.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 13 Juni 2022  |  13:38 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, PALEMBANG – Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Selatan mendukung pengembangan pasar online untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di provinsi tersebut.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Selatan (BI Sumsel) Erwin Soeriadimadja mengatakan pihaknya pun menggelar program UMKM on boarding yang bertajuk ‘Peh Bejajo Online (Ayo Berjualan Online)’, untuk pelaku usaha.

“Dalam pelaksanan program itu, bakal ada serangkaian pelatihan serta pendampingan oleh Bank Indonesia yang berkaitan dengan pasar online dan digitalisasi,” katanya, saat webinar UMKM on-boarding, Senin (13/6/2022).

Erwin menerangkan bank sentral secara konsisten melaksanakan program on-boarding UMKM baik kepada UMKM mitra maupun juga binaan sejak pandemi tahun 2020 lalu.

Dia menjelaskan lewat survei yang dilakukan oleh Bank Indonesia dengan target sampel sebanyak 107 UMKM pada tahun 2020, ditemukan bahwa 90,1 persen dari UMKM terdampak akibat pandemi 2019.

“Dampaknya itu mengakibatkan terjadinya penurunan penjualan, keterbatasan akses modal dan hambatan distribusi kas,” katanya,

Erwin melanjutkan dalam menghadapi dampak itu ternyata penjualan online menjadi strategi utama pelaku usaha.

Di mana sebanyak 47 persen UMKM melakukan penjualan online. Sementara, sisanya sebesar 25 persen melakukan diversifikasi produk dan sebanyak 23,5 persen melakukan distribusi produk dan masuk ke penjualan digital.

"Melihat data tersebut kami melihat diperlukan adanya upaya yang serius dalam mengembangkan pasar online kepada pelaku UMKM,” jelasnya.

Menurut dia, lewat program itu pelaku akan diberikan wawasan untuk penguatan motivasi menebus pasar secara lebih luas, dengan memanfaatkan pasar online.

“Selanjutnya pelaku UMKM bakal diberikan pendampingan secara intensif dengan diikuti proses monitoring oleh pengembangan UMKM,” katanya. (M09)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia umkm
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top