Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Padang Mulai Berlakukan Pelat Nomor Kendaraan 3 Huruf di Belakang

Untuk pelat nomor kendaraan 3 huruf di belakang ini, diperuntukkan bagi masyarakat yang hendak membeli kendaraan baru, serta pengendara yang melakukan pergantian 5 tahun masa pakai kendaraan.
Noli Hendra
Noli Hendra - Bisnis.com 30 Mei 2022  |  17:03 WIB
Padang Mulai Berlakukan Pelat Nomor Kendaraan 3 Huruf di Belakang
Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Hilman Wijaya saat ditemui di kantornya, Senin (30/5/2022). - Bisnis/Noli Hendra

Bisnis.com, PADANG - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatra Barat mulai memberlakukan penggunaan pelat nomor kendaraan 3 huruf di belakang.

Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Hilman Wijaya mengatakan hal yang membuat diberlakukannya pelat nomor kendaraan 3 huruf itu mengingat angka pelat nomor kendaraan yang saat ini telah habis digunakan.

"Sekarang nomor pelat kendaraan sudah habis di Sumbar. Kalau tidak dijadikan 3 huruf di belakang, akan terjadi pelat nomor kendaraan ganda," kata Hilman, Senin (30/5/2022).

Dia menjelaskan untuk pelat nomor kendaraan 3 huruf di belakang ini, diperuntukkan bagi masyarakat yang hendak membeli kendaraan baru, serta pengendara yang melakukan pergantian 5 tahun masa pakai kendaraan.

"Kebijakan untuk pelat nomor kendaraan baru ini, hanya kita berlakukan untuk wilayah Kota Padang saja dulu, untuk daerah lainnya di Sumbar belum lagi," ujarnya.

Hilman mengatakan alasan baru di Kota Padang yang diberlakukan pelat nomor kendaraan 3 huruf di belakang, karena bahan untuk pelat yang datang ke Sumbar masih terbatas.

Menurutnya, kedepan seiring waktu berjalan, pelat nomor kendaraan untuk 3 huruf di belakang akan datang, sehingga bisa merata untuk seluruh kendaraan di Sumbar.

"Sebenarnya ini bukan hal yang baru. Daerah lain telah lama memulai pelat nomor kendaraan 3 huruf belakang itu, seperti Jakarta dan Sumatra Utara dan daerah lainnya," ujar dia.

Dikatakannya kendati telah diberlakukan pelat nomor kendaraan 3 huruf di belakang, untuk pelat nomor kendaraan yang masih 2 huruf di belakang, tetap masih berlaku.

Hilman menegaskan tidak ada persoalan apapun bagi kendaraan yang kini masih menggunakan pelat nomor kendaraan yang lama.

"Tidak ada persoalan untuk yang lama, jadi adanya kebijakan penggunaan pelat nomor kendaraan 3 huruf di belakang itu, karena telah habis pelat nomor kendaraan 2 huruf yang dibelakang," sebutnya. (k56)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polda sumbar pelat nomor kendaraan
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top