Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

2.093 Calon Jemaah Haji Embarkasi Padang Berangkat ke Tanah Suci 4 Juni 2022

Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Sumbar Helmi mengatakan selain ada 2.093 calon jemaah haji asal Sumbar, di Embarkasi Haji Padang juga turut memberangkatkan calon jemaah haji asal Bengkulu yang jumlahnya 747 orang.
Noli Hendra
Noli Hendra - Bisnis.com 19 Mei 2022  |  15:59 WIB
Polisi wanita atau polwan diterjunkan mengawal prosesi ibadah haji di Mekah, Arab Saudi. - arabnews
Polisi wanita atau polwan diterjunkan mengawal prosesi ibadah haji di Mekah, Arab Saudi. - arabnews

Bisnis.com, PADANG - Sebanyak 2.093 calon jemaah haji asal Sumatra Barat akan berangkat dari Embarkasi Haji Padang menuju Makkah pada 4 Juni 2022 mendatang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Sumbar Helmi mengatakan selain ada 2.093 calon jemaah haji asal Sumbar, di Embarkasi Haji Padang juga turut memberangkatkan calon jemaah haji asal Bengkulu yang jumlahnya 747 orang.

"Jadi total calon jamaah haji yang berangkat dari Embarkasi Haji Padang itu sebanyak 2.840 orang. Keberangkatan pertama akan dimulai pada 4 Juni 2022 mendatang," katanya pada pelantikan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sumbar Tahun 2022, di Asrama Embarkasi Haji Padang, Kamis (19/5/2022).

Dia menjelaskan keberangkatan calon jemaah haji nantinya dibagi dalam tujuh kelompok penerbangan (kloter), di mana lima kloter diikuti 2.093 orang berasal dari Sumbar, sementara dua kloter lainnya menerbangkan 747 calon jemaah haji asal Bengkulu.

Sementara itu hadir melantik PPIH, Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu, Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Jaja Jaelani MM menerangkan, masa operasional ibadah haji 2022 M/1443 H gelombang pertama berlangsung pada tanggal 4 hingga 18 Juni mendatang, lalu dilanjutkan gelombang kedua dimulai tanggal 19 sampai dengan 3 Juli.

"Setelah wukuf di Padang Arafah yang jatuh pada tanggal 8 Juli, pemulangan jemaah gelombang pertama dari Jeddah akan berlangsung tanggal 15 sampai 29 Juli dan pemulangan gelombang kedua dari Kota Madinah dimulai tanggal 30 Juli hingga 13 Agustus nanti," jelasnya.

"Secara keseluruhan di Indonesia nanti akan menerbangkan 92.825 calon jemaah haji, dan dibagi ke dalam 241 kloter dari 13 Embarkasi di Indonesia," sambungnya.

Jaja menjelaskan pada haji tahun 2022 ini akan diterapkan zonasi berdasarkan asal embarkasi untuk memudahkan mengarahkan calon jemaah haji.

Selain itu khusus pada Embarkasi DKI Jakarta, pihaknya juga telah menerapkan fast track imigrasi bagi calon jemaah haji.

"Mudah-mudahan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah, tahun depan di Embarkasi Padang fast track imigrasi juga bisa kita terapkan," harap dia.

Gubernur Sumbar Mahyeldi berharap Embarkasi Padang memberikan pelayanan terbaik mulai dari berangkat hingga kembali ke Ranah Minang.

"Tahun 2022 ini adalah momen yang paling dinanti oleh masyarakat Sumbar, karena keberangkatan haji sempat terhenti dua tahun lamanya. Alhamdulillah tahun 2022 ini kesempatan itu datang kembali," ujar Mahyeldi.

Dia berharap para calon jemaah haji dari Sumbar bisa sehat dan selamat saat berada di Makkah, serta masih dalam keadaan sehat saat kembali ke Sumbar.(k56)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar Ibadah Haji
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top