Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Lebaran, 58.000 Wisatawan Kunjungi Berbagai Objek Wisata di Siak

Dinas Pariwisata Kabupaten Siak mencatat selama libur Lebaran tahun ini, ada total sebanyak 58.000 wisatawan yang berkunjung ke berbagai objek wisata di kabupaten tersebut.
Istana Siak Sri Indrapura. /Siak.go.id
Istana Siak Sri Indrapura. /Siak.go.id

Bisnis.com, PEKANBARU -- Dinas Pariwisata Kabupaten Siak mencatat selama libur Lebaran tahun ini, ada total sebanyak 58.000 wisatawan yang berkunjung ke berbagai objek wisata di kabupaten tersebut.

Kepala Bidang Destinasi dan Industri Dinas Pariwisata Siak Paula Chandra menjelaskan daerah itu memiliki objek wisata dengan aksesibilitas, amenitas, dan atraksi yang memadai. Dengan daya tarik itu diyakini menjadi magnet bagi wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) untuk berlibur ke Siak.

"Pada momen libur Idulfitri 1443 Hijriah/2022 Masehi ini, ada sebanyak 58.000 wisatawan yang datang melancong ke Kabupaten Siak. Sejumlah objek destinasi wisata yang sering disambangi wisatawan adalah wisata sejarah, budaya, alam, religi, dan buatan," ujarnya Senin (9/5/2022).

Dia menguraikan ada 15 destinasi yang menjadi daya tarik wisatawan untuk piknik sekaligus menjalin silaturahmi bersama keluarga. Tujuan wisata yang menjadi favorit wisatawan adalah, Istana Siak, Tangsi Belanda, Rumah Datuk Pesisir, dan Embung Terpadu Desa Wisata Dayun.

Kemudian, Sigaran Jiwa, Taman Rajawali. Piknik Village, Queen Water Park, Makam Sultan Syarif Kasim, Makam Koto Tinggi, Makam Raja Kecik, Makam Buang Asmara, Makam Tuk Antan Darah Putih, Makam Putri Kaca Mayang, dan Kolam Hijau.

Dari berbagai objek wisata itu selama libur Lebaran tahun ini destinasi objek wisata Istana Siak menjadi lokasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

"Hampir 23.000 wisatawan mengunjungi Istana Siak. Kemudian, disusul jumlah kunjungan di objek wisata Embung Terpadu Desa Wisata Dayun 13.000 wisatawan. Lalu Sigaran Jiwa juga dikunjungi 13.000 wisatawan," ujarnya.

Pihaknya bersyukur jumlah kasus Covid-19 terus melandai turun di saat liburan Lebaran tahun ini. Kemudian Pemerintah pusat juga memberi kelonggaran untuk industri pariwisata di seluruh Indonesia. Sehingga sektor pariwisata kembali bergairah untuk bangkit.

Dia mengakui Dinas Pariwista Kabupaten Siak akan selalu siap memberikan pelayanan kepada pengunjung yang belum sempat datang saat libur lebaran.

"Istana Siak, Tangsi Belanda dan Rumah Datuk Pesisir tetap akan buka sebagaimana biasanya usai libur Lebaran ini."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper