Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gelombang Tinggi Hingga 6 Meter, Nelayan di Pantai Barat Aceh Diminta Hati-hati

Gelombang laut dengan ketinggian lima hingga enam meter tersebut berada di perairan pantai barat selatan Aceh meliputi Kabupaten Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Pulau Simeulue, serta Aceh Singkil.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan kepada nelayan dan pelaku pelayaran di kawasan pantai barat selatan Aceh fenomena gelombang dengan ketinggian mencapai enam meter sejak Sabtu hingga Minggu (8/6).

"Kami imbau masyarakat nelayan agar berhati-hati ketika melaut, karena ketinggian gelombang laut ini sangat berbahaya bagi keselamatan,” kata Koordinator Data dan Informasi Stasiun Meteorologi SIM Banda Aceh Zakaria, di Banda Aceh, Sabtu (7/5/2022).

Zakaria mengatakan, gelombang laut dengan ketinggian lima hingga enam meter tersebut berada di perairan pantai barat selatan Aceh meliputi Kabupaten Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Pulau Simeulue, serta Aceh Singkil.

Selain berbahaya bagi aktivitas nelayan, kata dia, tingginya gelombang laut tersebut juga sangat membahayakan keselamatan bagi kapal penumpang yang berlayar saat arus balik Lebaran ini.

"Bagi nelayan yang mau melaut, disarankan agar mencari ikan di sekitar pinggir pantai yang tidak jauh dari daratan," kata Zakaria lagi.

Meski pun aman, ia meminta nelayan agar tetap waspada jika melaut karena saat berada di laut lepas, kondisi nelayan juga tergolong berbahaya apabila tidak berhati-hati, katanya pula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antaranews
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper