Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Sebut Palembang Kota Sukses Terapkan Angkutan Umum

Kementerian Perhubungan menunjuk Kota Palembang sebagai model kota yang sukses dalam penerapan angkutan umum.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 28 Februari 2022  |  14:32 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (dari kiri) bersama Gubernur Sumsel Herman Deru dan Wali Kota Palembang Harnojoyo memberikan pernyataan saat jumpa pers Gerakan Nasionak Kembali ke Angkutan Umum di Palembang.  - Istimewa
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (dari kiri) bersama Gubernur Sumsel Herman Deru dan Wali Kota Palembang Harnojoyo memberikan pernyataan saat jumpa pers Gerakan Nasionak Kembali ke Angkutan Umum di Palembang. - Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Kementerian Perhubungan menunjuk Kota Palembang sebagai model kota yang sukses dalam penerapan angkutan umum.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan terpilihnya Palembang lantaran kota itu memiliki lima moda transportasi yang lengkap, terutama angkutan darat dan kereta api.

 “Kota Palembang ini lengkap, di dalamnya terdapat transportasi darat, sungai dan udara, dan juga kereta api yang terintegrasi menjadi satu kesatuan dalam melayani masyarakat kota Palembang,” katanya saat peluncuran Gerakan Nasional Kembali ke Angkutan Umum (GNKAU) di Palembang, Minggu (27/2/2022).

Oleh karena itu, Budi memaparkan, pihaknya juga meluncurkan GNKAU di Kota Palembang, sehingga dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

“GNKAU sebagai salah satu wujud kebersamaan pemerintah pusat, pemerintah daerah, universitas, dan masyarakat semua pihak harus mendukung  kembali ke angkutan umum,” paparnya.

Sementara itu Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru mengatakan, Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang telah melakukan sejumlah langkah.

“Salah satunya melakukan pengaturan ulang rute trayek angkutan kota dan Bus Rapid Transit (BRT), serta pembangunan fasilitas halte bus di dekat stasiun LRT,” katanya.

Deru menambahkan Pemprov pun telah bekerjasama dengan Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumsel, untuk meningkatkan penggunaan LRT di kalangan ASN.

Kerjasama tersebut, kata dia, dengan menerbitkan kartu pegawai yang terintegrasi dengan kartu uang elektronik untuk para ASN di lingkungan pemprov.

“Sehingga ASN bisa lebih mudah bertransaksi untuk tiket LRT dan BRT serta transportasi lainnya,” katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub angkutan umum
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top