Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hutama Karya Benarkan Ada Gajah Melintas di Tol Pekanbaru-Dumai

Branch Manager HK Permai Indrayana menjelaskan ada gajah melintas di tol Pekanbaru-Dumai pada pukul 06.20 WIB pagi kemarin, sehingga kondisi jalan tol saat itu masih belum ramai.
Tim Hutama Karya bersama BKSDA Riau memantau CCTV di jalan tol Pekanbaru - Dumai, untuk melihat peristiwa seekor gajah melintas di jalan bebas hambatan tersebut. Istimewa
Tim Hutama Karya bersama BKSDA Riau memantau CCTV di jalan tol Pekanbaru - Dumai, untuk melihat peristiwa seekor gajah melintas di jalan bebas hambatan tersebut. Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU-- PT Hutama Karya (Persero) pengelola jalan tol Pekanbaru-Dumai membenarkan adanya peristiwa seekor gajah yang melintas di tol tersebut, tepatnya di KM 73, pada Selasa (15/2/2022) pagi. Karena hanya sebentar, situasi di jalan bebas hambatan itu sudah terkendali.

Branch Manager HK Permai Indrayana menjelaskan peristiwa itu terjadi pada pukul 06.20 WIB pagi kemarin, sehingga kondisi jalan tol saat itu masih belum ramai. Petugas juga dengan sigap terjun ke lapangan melakukan pemeriksaan.

"Memang betul ada seekor gajah melintas di tol Pekanbaru-Dumai, lalu kami langsung turunkan tim patroli ke lokasi dan juga berkoordinasi dengan BKSDA Riau," ujarnya Rabu (16/2/2022).

Menurutnya saat kejadian yaitu pukul 06.20 WIB pagi, kondisi lalu lintas tol tidak ramai, dan hingga siang harinya HK kembali melakukan pertemuan dan rapat membahas hal tersebut dengan BKSDA Riau.

Pada saat pemeriksaan ke lokasi, tim HK bersama dengan tim BKSDA Riau meninjau langsung lokasi temuan adanya gajah yang melintas, dan diperkirakan lamanya gajah itu melintasi tol hanya sekitar 1 menit.

Dari hasil peninjauan itu, ditemukan adanya pagar pembatas tol yang pecah kemudian menjadi celah bagi gajah itu melintasi tol. Hal ini juga telah dibuktikan dari rekaman CCTV yang ada di sekitar lokasi kejadian.

"Memang gajah tersebut melintas masuk dari pagar yang pecah dan terlihat di CCTV, kemarin langsung kami perbaiki kembali pagarnya," ujarnya.

Sebelumnya BKSDA Riau menyatakan pengguna jalan tol Pekanbaru - Dumai dikagetkan dengan aksi seekor gajah yang menyeberangi jalan bebas hambatan itu. Kejadian itu berlangsung di wilayah Desa Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau atau KM 73 tol Permai. Gajah itu diketahui melintas ke jalan tol yang memang tidak jauh dari jalur lintasan gajah yang di wilayah itu. 

Kabid Teknis Balai Besar KSDA Riau M. Mahfud mengatakan pihaknya telah mendatangi lokasi untuk untuk melihat kondisi terkini.

"Jadi benar ada gajah liar kemarin naik ke jalan tol. Dia naik mengarah ke Balai Raja yang masih satu koridor dengan kawasan Giam Siak Kecil. Memang jalur gajah," ujarnya.

Usai melihat lokasi, Mahfud mengatakan penyebab gajah tersebut naik ke jalan tol karena lintasannya tergenangi air. Kemungkinan akibat intensitas hujan yang beberapa hari ini cukup deras, hingga membuat sungai di wilayah itu meluap dan air membanjiri lintasan gajah. "Air cukup tinggi, bahkan sudah menyentuh jalan tol, kejadian banjirnya Senin (14/2/2022) lalu," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper