Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sumsel Dorong Keberadaan SPKLU

Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan mendorong keberadaan stasiun pengisian bakar listrik umum atau SPKLU di Kota Palembang.
Gubernur Sumsel Herman Deru memberikan pemaparan terkait SPKLU dan komitmen penggunaan energi terbarukan. /Istimewa
Gubernur Sumsel Herman Deru memberikan pemaparan terkait SPKLU dan komitmen penggunaan energi terbarukan. /Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan mendorong keberadaan stasiun pengisian bakar listrik umum atau SPKLU di Kota Palembang.

Gubernur Sumsel Herman Deru menilai SPKLU dapat menekan penggunaan bahan bakar fosil yang kelak bakal habis.

“Pemanfaatan energi listrik sebagai bahan bakar kendaraan tentu akan lebih hemat baik energi fosil maupun biaya," katanya, Rabu (19/1/2022).

Selain itu, penggunaan bahan bakar listrik juga akan mengurangi polusi udara. Oleh karena itu, gubernur berharap agar SPKLU tersebut dibangun sejumlah tempat agar penggunaan kendaraan listrik tidak kesulitan saat akan melakukan pengisian energi.

Dia menilai, lambatnya masyarakat beralih dari kendaraan berbahan bakar minyak ke kendaraan energi listrik disebabkan minimnya SPKLU tersebut.

"Segera kerjasamakan baik dengan perorangan maupun perusahaan swasta agar SPKLU ini dapat menyebar. Bila perlu gandeng SPBU untuk bekerjasama," katanya.

Bahkan, dia berharap, kendaraan angkutan massal dan angkutan beban juga mengunakan  energi listrik tersebut.

"Kalo bisa kita rambah ke angkutan umum dan angkutan beban. Agar udara kita semakin bersih dengan pemanfaatan energi ini," katanya.

Pemprov Sumsel sendiri, akan berencana untuk beralih menggunakan kendaraan dengan energi listrik.

"Pemprov Sumsel tentu berkomitmen memulai ini sehingga kendaraan dinas bisa bertransformasi menggunakan kendaraan energi listrik,” katanya.

Sebelumnya, PT PLN (Persero) menambah SPKLU di Kota Palembang sebagai dukungan terhadap penggunaan kendaraan listrik di kota itu.

General Manager PLN Wilayah Sumatra Selatan, Jambi, Bengkulu (WS2JB) Bambang Dwiyanto mengatakan SPKLU Demang Lebar Daun merupakan SPKLU kedua. 

Sebelumnya, SPKLU serupa juga berdiri di kawasan Kantor PLN Jalan Kapten A Rivai, Kota Palembang.

“Kami pastikan, SPKLU di Sumsel akan terus bertambah untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik,” katanya.

Apalagi, lanjutnya, hal itu juga didukung oleh Pemprov Sumsel melalui peraturan terkait program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

"Upaya ini diukung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru. Keputusan Presiden tentang KBLBB melalui Kemenhub ini sangat selaras dengan PLN,” katanya.

Oleh karena itu, kata Bambang, pihaknya terus merealisasikan SPKLU. Sebab dengan listrik, biaya akan menghemat energi kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper