Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pegadaian Kanwil Pekanbaru Sudah Kucurkan Rp1,3 Miliar Pinjaman Lunak Bagi UMKM

Pinjaman berbunga lunak yang disalurkan ini bertujuan untuk mendorong pelaku usaha mikro yang menjadi mitra binaan Pegadaian, terus berkembang dan memperbesar skala bisnisnya serta menciptakan peluang-peluang baru atas kegiatan usaha yang ditekuni.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 30 Desember 2021  |  16:58 WIB
Pimpinan Wilayah Pegadaian Pekanbaru, Maryono (kanan). Pegadaian Kanwil Pekanbaru sudah menyalurkan pinjaman lunak bagi UMKM senilai Rp1,3 miliar pada tahun ini. Istimewa
Pimpinan Wilayah Pegadaian Pekanbaru, Maryono (kanan). Pegadaian Kanwil Pekanbaru sudah menyalurkan pinjaman lunak bagi UMKM senilai Rp1,3 miliar pada tahun ini. Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU -- PT Pegadaian (Persero) Kanwil Pekanbaru menyatakan sepanjang tahun ini pihaknya sudah menyalurkan pinjaman lunak bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan nilai keseluruhan mencapai Rp1,3 miliar.

Pimpinan Wilayah Pegadaian Pekanbaru Maryono mengatakan pinjaman berbunga lunak yang disalurkan ini bertujuan untuk mendorong pelaku usaha mikro yang menjadi mitra binaan Pegadaian, terus berkembang dan memperbesar skala bisnisnya serta menciptakan peluang-peluang baru atas kegiatan usaha yang ditekuni.

“Kami membantu UMKM Pekanbaru dengan menyalurkan dana kemitraan untuk pengembangan usahanya, dan sudah terbukti UMKM yang dibantu mampu naik kelas, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Saat ini secara keseluruhan dana yang disalurkan sudah mencapai Rp1,3 miliar dan akan ditambah lagi pada 2022 mendatang," ujarnya pada Kamis (30/12/2021).

Dia mengakui manajemen Pegadaian ikut langsung dalam menyusun program CSR tersebut secara menyeluruh mulai dari proses analisis, perencanaan, pelaksanaan program hingga evaluasi kegiatan.

Menurutnya, program ini merupakan upaya kemitraan atau non bisnis, dilakukan manajemen sejalan dengan visi Pegadaian yakni mampu menjadikan usaha kecil yang tangguh dan mandiri serta memberdayakan masyarakat sehingga mampu naik kelas.

Sementara itu salah satu pelaku UMKM frozen food, Ahmad Almutaqi menjelaskan pihaknya mendapatkan bantuan modal usaha dari Pegadaian senilai Rp25 juta dengan jangka waktu pengembalian pinjaman selama tiga tahun.

"Alhamdulillah saya dapat pinjaman Rp25 juta. Berkat program tersebut usaha saya kini sudah berkembang pesat dengan omset bisa mencapai Rp7 juta per hari dan tenaga kerja saat ini sebanyak 18 orang."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN riau pegadaian
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top