Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Capaian Vaksinasi di Sumbar 64,3 Persen

Capaian vaksinasi di Sumbar hingga penutupan tahun 2021 nanti diperkirakan sudah di angka 70 persen.
Ilustrasi vaksinasi./Antara
Ilustrasi vaksinasi./Antara

Bisnis.com, PADANG - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Barat mencatat capaian vaksinasi wilayah setempat per Sabtu (25/12) baru 64,3 persen dari sasaran.

"Sekarang kita vaksinasi terus, tidak ada hari libur. Karena kita ingin beberapa kedepan jelang penutupan tahun 2021 ini, angka capaian vaksinasi di Sumbar sudah di angka 70 persen, jika bisa lebih hendaknya," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Arry Yuswandi, ketika dihubungi Bisnis di Padang, Sabtu (25/12/2021).

Dia menjelaskan berbagai pihak turut membantu pemerintah untuk menggelar vaksinasi, seperti melalui kegiatan Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin), dan vaksinasi yang turut digelar oleh BIN Daerah Sumbar, serta pihak-pihak lainnya.

Untuk itu, Arry pun optimis capaian vaksinasi di Sumbar hingga penutupan tahun 2021 nanti, sudah di angka 70 persen. Bahkan dia pun berharap dengan giatnya berbagai kegiatan vaksinasi itu, Sumbar bisa melebihi target minimal atau bahkan mengejar target maksimal.

"Untuk kabupaten dan kota masih ada yang rendah, yakni Agam dan Padang Pariaman. Sekarang mereka lagi giat-giatnya menggelar vaksinasi, serta dibantu juga dengan Sumdarsin dan kegiatan dari BIN Daerah Sumbar," ucapnya.

Sebelumnya Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan pihaknya telah memulai melakukan vaksinasi untuk ibu hamil. Alasan yang membuat penting untuk memberikan vaksinasi untuk ibu hamil, karena juga dinilai rentan terpapar Covid-19.

Begitu juga untuk vaksinasi bagi kelompok usia 6-11 tahun, Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Sumbar telah melakukan vaksinasi.

Kepala BIN Daerah Sumbar Hendra mengatakan vaksinasi terhadap kelompok usia 6 hingga 11 tahun itu perdana digelar di Kota Sawahlunto. Adapun totalnya mencapai 1.413 penerima untuk dosis pertama dengan jenis vaksin Sinovac.

Menurut Hendra, BINDA akan terus menggenjot capaian vaksinasi di Sumbar yang hingga hari ini belum mencapai angka target 70 persen.

Berdasarkan rilis data Kementerian Kesehatan RI, untuk vaksinasi dosis pertama di Sumbar baru mencapai angka 63.49 persen dan untuk dosis kedua 38.36 persen (kondisi Kamis 23 Desember 2021).(k56).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Noli Hendra
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper