Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kanwil DJP Sumut I Peringkat Ketiga Instansi dengan Laporan Keuangan Terbaik 2021

Menurut Syafriadi, saat ini terdapat aplikasi yang sedang dikembangkan oleh DJPb dalam rangka proses rekonsiliasi data transaksi keuangan dan penyusunan LKKL. Aplikasi tersebut adalah e-Rekon&LK.
Nanda Fahriza Batubara
Nanda Fahriza Batubara - Bisnis.com 23 Desember 2021  |  20:18 WIB
Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sumatra Utara saat memberi penghargaan kepada sejumlah instansi dengan laporan keuangan terbaik untuk kategori Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran - Wilayah (UAPPA-W) di Medan, Rabu (22/12/2021).  - Istimewa
Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sumatra Utara saat memberi penghargaan kepada sejumlah instansi dengan laporan keuangan terbaik untuk kategori Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran - Wilayah (UAPPA-W) di Medan, Rabu (22/12/2021). - Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan Sumatra Utara memberi penghargaan kepada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatra Utara I (Kanwil DJP Sumut I) sebagai instansi dengan laporan keuangan terbaik ketiga pada 2021.

Kanwil DJP Sumut I meraih penghargaan untuk kategori Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran - Wilayah (UAPPA-W).

Penghargaan ini diserahkan oleh Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah DJPb Sumatra Utara Syafriadi kepada Kepala Kanwil DJP Sumut I Eddi Wahyudi pada Rapat Kerja Akuntansi di Aula Rekreasi Gedung Keuangan Negara, Medan, Rabu (22/12/2021).

Selain Kanwil DJP Sumut I, penghargaan juga diberi kepada Kodam I/Bukit Barisan sebagai peringkat pertama dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatra Utara sebagai peringkat kedua.

Pada kesempatan tersebut, Syafriadi menjelaskan bahwa laporan keuangan disusun untuk menyediakan informasi yang relevan.

Khususnya terkait posisi keuangan dan seluruh transaksi yang dilakukan oleh suatu entitas pelaporan selama satu periode pelaporan. Hal ini sesuai dengan kerangka konseptual Akuntansi Pemerintahan.

"Laporan keuangan yang berkualitas adalah laporan keuangan yang memenuhi empat karakteristik kualitatif, yaitu relevan, andal, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami," kata Syafriadi.

Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) terdiri dari Laporan Keuangan Kementerian Negara atau Lembaga (LKKL) dan Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LKBUN). Oleh karena itu, kualitas LKPP sangat tergantung pada kedua laporan tersebut.

Menurut Syafriadi, saat ini terdapat aplikasi yang sedang dikembangkan oleh DJPb dalam rangka proses rekonsiliasi data transaksi keuangan dan penyusunan LKKL. Aplikasi tersebut adalah e-Rekon&LK.

Keberadaan aplikasi ini bertujuan untuk membantu penyusunan laporan keuangan yang lebih akurat dan andal. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memperbaiki transaksi yang berpotensi jadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan setiap tahun. Contohnya seperti selisih data persediaan dan revaluasi BMN.

Lebih lanjut, Syafriadi berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas kinerja laporan keuangan tingkat UAPPA-W dan kinerja penyampaian SP3B-BLU.

Syafriadi mengatakan, laporan keuangan pemerintah pusat disusun berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) dan sistem akuntansi.

"Untuk mewujudkannya sangat bergantung kepada kinerja bapak dan ibu selaku kepala satuan kerja tingkat wilayah dalam tugasnya sebagai pembina satuan kerja vertikal di wilayah kerjanya," kata Syafriadi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kanwil DJP Sumut I Eddi Wahyudi menyampaikan rasa syukur atas penghargaan yang diraih instansinya.

Eddi menyatakan komitmen mendukung upaya DJPb untuk mewujudkan pengelolaan kas negara di wilayah kerjanya agar lebih efesien.

"Pencapaian ini tidak lahir begitu saja, tapi berkat komitmen dan kerja keras semua unit kerja yang ada di Kanwil DJP Sumut I untuk terus memberikan pelayanan yang optimal," kata Eddi.

Selain kategori UAPPA-W, penghargaan juga diserahkan kepada BLU terbaik untuk kategori Kinerja Penyampaian SP3B-BLU.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut ditjen perbendaharaan djp
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top