Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Banjir Melanda 45 Hektare Sawah di Kabupaten Batu Bara, 10 Unit Rumah Terendam

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir tidak hanya merendam areal sawah. Namun juga perkebunan sawit seluas 60 hektare dan 10 unit rumah warga.
Nanda Fahriza Batubara
Nanda Fahriza Batubara - Bisnis.com 22 November 2021  |  14:18 WIB
Banjir menggenangi sejumlah tempat di Kabupaten Batu Bara, Sumatra Utara, Senin (22/11/2021) dini hari.  - Istimewa
Banjir menggenangi sejumlah tempat di Kabupaten Batu Bara, Sumatra Utara, Senin (22/11/2021) dini hari. - Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - Banjir kembali melanda dan menggenangi lahan persawahan seluas 45 hektare di Desa Sei Buah Keras, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, Sumatra Utara, Senin (22/11/2021) dini hari.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir tidak hanya merendam areal sawah. Namun juga perkebunan sawit seluas 60 hektare dan 10 unit rumah warga.

Sejauh ini, tidak ada laporan korban jiwa akibat banjir.

"BPBD Kabupaten Batu Bara juga melaporkan kondisi genangan di Desa Sei Buah Keras belum menunjukkan penurunan," ujar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari.

Menurut petugas, banjir dipengaruhi curah hujan dengan intensitas tinggi dan meningkatkan debit air dari kawasan hulu atau wilayah Kabupaten Simalungun.

BPBD setempat berkoordinasi dengan aparat desa dan kecamatan terhadap kondisi banjir yang melanda wilayah tersebut.

Prakiraan cuaca di wilayah Kecamatan Medang Deras dua hari ke depan masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Sementara itu, secara umum wilayah Sumatra Utara terpantau berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang pada hari ini dan esok hari.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat selalu waspada dan siap terhadap potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor maupun angin kencang, khususnya di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga hari ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir sumut
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top