Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Gelar Minang CrEFt, Saatnya UMKM dan Pariwisata Sumbar Go Global

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Wahyu Purnama A mengatakan kegiatan Minangkabau Creative Economy Festival (Minang CrEFt) yang diselenggarakan itu, bertujuan untuk mendorong UMKM dan pariwisata Sumbar untuk Go Global.
Noli Hendra
Noli Hendra - Bisnis.com 17 November 2021  |  19:55 WIB
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar, Wahyu Purnama A di acara Minangkabau Creative Economy Festival (Minang CrEFt) yang digelar di Padang.  - Istimewa
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar, Wahyu Purnama A di acara Minangkabau Creative Economy Festival (Minang CrEFt) yang digelar di Padang. - Istimewa

Bisnis.com, PADANG - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Barat berkolaborasi dengan Pemprov Sumbar dalam kegiatan Minangkabau Creative Economy Festival yang diselenggarakan pada 16 – 18 November 2021.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Wahyu Purnama A mengatakan kegiatan Minangkabau Creative Economy Festival (Minang CrEFt) yang diselenggarakan itu, bertujuan untuk mendorong UMKM dan pariwisata Sumbar untuk Go Global.

"Jadi tujuan pelaksanaan acara ini adalah mendorong pengembangan UMKM dan industri kreatif pendukung pariwisata di Sumbar dalam rangka mengakselerasi pertumbuhan ekonomi," katanya, Rabu (17/11/2021).

Menurutnya inisiasi penyelenggaraan kegiatan Minang CrEFt merupakan salah satu bentuk komitmen nyata KPwBI Sumbar untuk mempercepat pemulihan ekonomi daerah melalui akselerasi transformasi digital UMKM.

Dengan demikian, diharapkan juga dapat mendorong pengembangan industri kreatif untuk mendukung pariwisata serta mendorong UMKM untuk Go Global.

Wahyu menjelaskan dalam kegiatan tersebut juga ada export agreement antara UMKM binaan Bank Indonesia Provinsi Sumbar yang diwakili oleh Rendang Kokoci dengan salah satu Buyer di Australia.

"Jadi kegiatan ini diharapkan dapat memberi motivasi dan inspirasi kepada UMKM dan Industri kreatif untuk terus berinovasi agar dapat menghasilkan produk yang tidak hanya dapat dikonsumsi oleh konsumen lokal, namun juga dapat dinikmati oleh konsumen di luar negeri," ujarnya.

Selain itu juga ditampilkan Fashion Show Tenun Minang bekerjasama dengan Bapak Wignyo Rahadi yang merupakan Desainer Nasional sekaligus anggota Dewan IKRA Nasional.

Dikatakannya untuk kegiatan Fashion Show itu, merupakan salah satu hasil dari tindak lanjut Transformasi Tenun Minang yang sudah dicanangkan pada akhir tahun 2020 yang lalu oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumbar bersama sama dengan Gubernur dan 7 kepala daerah penghasil tenun.

"Untuk fashion show yang dipamerkan merupakan kain hasil karya perajin tenun dari 5 daerah penghasil tenun yaitu Kota Payakumbuh, Kota Sawahlunto, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Sijunjung," jelasnya.

Harapannya dengan adanya kegiatan Minangkabau Creative Economy Festival dapat mengakselerasi upaya Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi Sumbar dalam pengembangan UMKM dan Industri kreatif secara digital dan global untuk mendukung kebangkitan pariwisata Sumbar, yang pada akhirnya akan berdampak kepada kesejahteraan masyarakat Sumbar. (k56).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top