Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT Semen Padang Optimistis Target Pendapatan Bisnis Inkubasi Non Semen Tahun Ini Tercapai

Kepala Departemen Bisnis Inkubasi Non Semen PT Semen Padang Pri Gustari Akbar mengatakan, Bisnis Inkubasi Non Semen yang telah dikelola oleh PT Semen Padang sejak 2019, ternyata mampu memberikan nilai bisnis yang menjanjikan.
Semen Padang. /Semen Padang
Semen Padang. /Semen Padang

Bisnis.com, PADANG - Bisnis Inkubasi Non Semen PT Semen padang (Semen Indonesia Group-SIG) ternyata memiliki bisnis jitu di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini. Hingga September 2021 ini, pendapatan Bisnis Inkubasi Non Semen ternyata sudah mencapai Rp5,42 miliar.

Kepala Departemen Bisnis Inkubasi Non Semen PT Semen Padang Pri Gustari Akbar mengatakan, Bisnis Inkubasi Non Semen yang telah dikelola oleh PT Semen Padang sejak 2019, ternyata mampu memberikan nilai bisnis yang menjanjikan.

"Sebenarnya embrionya itu sudah terbentuk sejak tahun 1989 dengan keberadaan bengkel fabrikasi (workshop) yang telah melakukan fabrikasi peralatan material handling pabrik semen, seperti Rubber Belt Conveyor, Screw Conveyor, Bucket Elevator dan Pneumatic Gravity Conveyor,” jelasnya, dalam keterangan tertulis, Senin (18/10/2021).

Dia menyebutkan adapun upaya PT Semen Padang dalam pengembangan produk dan jasa layanan ini, juga sejalan dengan transformasi di holding SIG, yang telah berkembang menjadi perusahaan penyedia solusi building material melalui pengembangan produk, jasa dan solusi berkelanjutan bagi masyarakat.

"Jadi dari Januari hingga September tahun 2021, bisnis dan jasa non semen merealisasikan pendapatan pendapatan sebesar Rp 5,42 miliar," katanya.

Pri Gustari memperkirakan untuk pendapatan dari produk non semen itu akan terus bertambah hingga akhir tahun, seiring masih adanya sejumlah proyek yang hingga kini masih dalam proses.

Dikatakannya Departemen Bisnis Inkubasi Non Semen juga telah menargetkan pendapatan sebesar Rp6,4 miliar pada tahun 2021 ini. Artinya dari bulan yang tersisa ini, berkemungkinan besar target akan terpenuhi.

Dia merinci pendapatan Rp5,42 miliar hingga September itu terealisasi melalui sejumlah proyek, seperti pembuatan dan pemasangan Shell Kiln Tonasa, serta jasa repair cooler Shell Kiln 3 PT Semen Tonasa.

Kemudian, proyek pemasangan instalasi Shell Kiln SBI Cilacap PT Solusi Bangun Indonesia, pekerjaan Coating peralatan PT Maranatha Bangun Sentosa, dan proyek pembuatan shaft, repair impeller PT Padang Raya Cakrawala.

Selain itu, juga melalui proyek overhaul electric motor untuk PLTU Ombilin dan beberapa perusahaan lainnya, serta pekerjaan machining komponen untuk PT Padang Raya Cakrawala, dan lain sebagainya.

Pri Gustari menyebutkan bengkel fabrikasi (workshop) PT Semen Padang telah memproduksi peralatan utama pabrik semen seperti Kiln dan Cement Mill Tube. Peralatan yang diproduksi tersebut selain dipakai untuk pabrik PT Semen Padang sendiri, juga di fabrikasi untuk pabrik semen lain.

Di antaranya, untuk PT Semen Baturaja, PT Semen Tonasa, Lambda Cemex Bangladesh dan juga untuk PT Semen Andalas yang kini berganti nama menjadi PT Solusi Bangun Andalas," ungkap Pri.

Selain melayani jasa dan fabrikasi non semen, Departemen Bisnis Inkubasi Non Semen juga memproduksi split, dan produk turunan semen, seperti interlock brick dan porous concrete (beton berpori).

"Untuk split yang diproduksi oleh tambang PT Semen Padang, merupakan split terkuat dan terbaik, karena material yang dimiliki adalah material terbaik dan memenuhi standar nasional," sebut Pri Gustari.

Kemudian interlock brick, produk ini dinilai akan membuat pengerjaan dinding rumah hemat hingga 20 persen dibandingkan dengan bata.

Sedangkan untuk porous concrete dapat mencegah genangan air. "Porous concrete ini sangat cocok untuk area parkir dan kawasan rawan banjir," ujar Pri.

Interlock brick dan porous concrete, merupakan inovasi terbaru tahun 2019. Dalam waktu dekat ini, kedua produk turunan semen ini akan segera dipasarkan. Bahkan kedua produk turunan ini sudah ada contohnya.

"Untuk porous concrete, contohnya ada di area pelataran Kantor Dekopin Ulak Karang. Kemudian interlock brick, rumah contohnya juga sudah ada di Perumahan Arosuka Permai, Kabupaten Solok," ujarnya. (k56)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Noli Hendra
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper