Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hulu Bakal Dilantik Pekan Depan

Pemprov Riau menyatakan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hulu terpilih, Rezita Meylani Yopi dan Junaidi Rachmat akan dilantik pekan depan.
Rezita Meylani Yopi dan Junaidi Rachmat. /Facebook
Rezita Meylani Yopi dan Junaidi Rachmat. /Facebook

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemprov Riau menyatakan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hulu terpilih, Rezita Meylani Yopi dan Junaidi Rachmat akan dilantik pekan depan. Jadwal pelantikan ini dilaksanakan setelah keluarnya surat keputusan Menteri Dalam Negeri tentang pengangkatan kepala daerah tersebut.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Riau Firdaus mengatakan jadwal pelantikan itu sudah dilaporkan kepada gubernur. "Pelantikan bupati dan wakil bupati Inhu sudah kami laporkan kepada gubernur, jadwalnya Senin pekan depan," ujarnya, Jumat (2/7/2021).

Dia menjelaskan seperti pelantikan kepala daerah lainnya yang sudah berjalan beberapa waktu lalu, kegiatan tersebut akan dilangsungkan di Gedung Daerah Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Sejumlah undangan yang hadir di samping Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau, di antaranya yaitu jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di Riau, serta perwakilan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu.

Dia menegaskan kegiatan itu akan dihadiri undangan terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Karena mengingat penyebaran pandemi masih tinggi dan perlu diwaspadai oleh semua pihak.

Rezita Meylani Yopi akan segera menjadi bupati termuda di Indonesia, menyusul hasil dari pemilihan suara ulang (PSU) yang telah rampung dilaksanakan pada Selasa (20/4/2021) lalu. Rezita yang merupakan istri dari mantan Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto ini berpasangan dengan Junaidi Rachmat, mantan Kepala Bappeda Inhu sebagai calon wakil bupati.

Komisioner KPU Riau Nugroho Noto Susanto menyatakan dari hasil form C pemungutan ulang, diketahui jumlah pemilih yang memberikan suara sebanyak 295, dengan rincian 294 suara sah dan 1 suara tidak sah.

“Pasangan nomor 1 Nurhadi dan Toni mendapatkan 1 suara, pasangan nomor 2 Rezita dan Junaidi mendapatkan 93 suara, pasangan nomor 3 Siti dan Agus mendapatkan 1 suara, pasangan nomor 4 Wahyu dan Supriati mendapatkan 1 suara, dan pasangan nomor 5 Rizal dan Yoghi mendapatkan 198 suara,” ujarnya Rabu (21/4/2021).

Dengan hasil PSU tersebut, pasangan nomor 2 Rezita dan Junaidi memenangkan pilkada Indragiri Hulu, karena sebelum diputuskan pemilu ulang oleh Mahkamah Konstitusi, selisih suara antara pasangan Rezita dan Junaidi dengan Rizal dan Yoghi mencapai 308 suara pemilih.

Dengan perolehan suara pasangan Rizal dan Yoghi yang hanya sebanyak 198 suara pada pemilu ulang, tidak dapat mengejar selisih suara yang menjadi penentu kemenangan pada pilkada Inhu.

Rezita Meylani Yopi dan Junaidi Rachmat didukung oleh koalisi Partai Golkar, Nasdem, serta Hanura pada pilkada serentak 2020. Rezita akan menjadi bupati termuda di Tanah Air, karena istri mantan Bupati Inhu Yopi Arianto tersebut lahir di Japura, pada 7 Mei 1994 atau saat ini masih berusia 26 tahun.

Sebelumnya, Yopi Arianto Bupati Inhu 2 periode juga pernah memecahkan rekor MURI sebagai bupati termuda, dengan usia menjabat yakni 30 tahun pada 2010 silam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper