Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gali Potensi Maritim & Jaga Ekosistem, Lampung Edukasi Ekonomi Biru

Pemerintah Provinsi Lampung memulai nedukasi mengenai ekonomi biru yang diharapkan dapat menggali potensi maritim sambil tetap menjaga ekosistem.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Mei 2021  |  01:27 WIB
Pasar ikan Gudang Lelang di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung./Antara - Hisar Sitanggang
Pasar ikan Gudang Lelang di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung./Antara - Hisar Sitanggang

Bisnis.com, BANDAR LAMPUNG – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung mulai melakukan edukasi konsep ekonomi biru yang bertujuan memaksimalkan potensi maritim di daerah tersebut.

"Konsep ekonomi biru ini saat ini mulai digaungkan. Dalam hal ini kita diajak untuk memanfaatkan potensi maritim sambil tetap menjaga kelestarian ekosistem," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Liza Derni.

Dia menjelaskan dengan adanya ekonomi biru diharapkan beragam potensi maritim di Lampung dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

"Ekonomi biru ini dari hulu hingga hilir yakni dari budi daya hingga pemasaran semua dimaksimalkan dengan tetap menjaga ekosistem agar berkelanjutan, dan kami terus edukasi ke masyarakat," tuturnya.

Menurutnya, konsep ekonomi biru tersebut telah mulai diterapkan salah satunya saat pelaksanaan budi daya rumput laut dan ikan air tawar di Lampung.

"Di sini sudah mulai salah satunya UMKM abon lele, mereka dalam budi daya lele ada yang memanfaatkan bioflok, lalu semua bagian ikan diolah tidak tersisa menjadi ragam produk yang mampu menyerap pekerja, sedangkan untuk budi daya rumput laut mereka sembari mengembangkan rumput laut juga menjaga kelestarian ekosistem," paparnya.

Liza menjelaskan ekonomi biru yang berlandaskan pada tiga pilar yakni adanya integrasi ekologi, ekonomi dan sosial diharapkan dapat membantu menggali potensi maritim di Lampung.

"Pada saat pandemi Covid-19, ragam upaya dilakukan untuk tetap menjaga keseimbangan ekologi, ekonomi dan sosial berupa kesejahteraan masyarakat, dan melalui konsep ekonomi biru ini semoga potensi maritim Lampung dapat terlihat," lanjut Liza.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga mulai mempersiapkan inovasi baru untuk mewujudkan konsep ekonomi biru, setelah tren dunia saat ini mulai menerapkan konsep tersebut guna menjaga keseimbangan ekosistem, ekonomi dan sosial masyarakat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lampung maritim ekonomi biru

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top