Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Trafik Konsumsi Data Telkomsel Sumbagteng Naik 13 Persen Selama Idulfitri

Berdasarkan pantauan Telkomsel, untuk trafik layanan data pada periode Lebaran 2021sendiri, tercatat lonjakan sekira 39 persen dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 16 Mei 2021  |  20:50 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, PEKANBARU-- Telkomsel mencatat trafik penggunaan data internet di wilayah Sumatra Bagian Tengah (Sumbagteng) pada momen Idulfitri 1442 Hijriah mengalami kenaikan hingga 13 persen bila dibandingkan hari biasa.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan memang dibandingkan hari biasa, terjadi kenaikan konsumsi data internet selama Lebaran tahun ini.

"Sepanjang momen Ramadan dan Idulfitri tahun ini, secara berurut untuk lima wilayah operasional Telkomsel yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan momen tahun sebelumnya didominasi oleh Sumatra baik Utara, Tengah maupun Selatan sebesar 13 persen, Jawa Timur 12 persen, dan Jawa Tengah 11 persen bila dibandingkan dengan hari biasa," ujarnya Minggu (16/5/2021).

Dia memaparkan selama momen Ramadan dan Idulfitri 2021, Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 39.7 Petabyte (PB), atau tumbuh 49 persen dibanding momen yang sama tahun lalu.

Berdasarkan pantauan Telkomsel, untuk trafik layanan data pada periode Lebaran 2021sendiri, tercatat lonjakan sekira 39 persen dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya.

Kemudian untuk layanan SMS di momen Ramadan dan Idulfitri 2021 mengalami peningkatan sebesar 33 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya. Sedangkan untuk layanan panggilan suara, tercatat peningkatan trafik layanan suara sebesar 4 persen dibandingkan hari biasa.

Untuk layanan digital dari Telkomsel, tercatat terjadi lonjakan trafik penggunaan untuk layanan VoLTE Telkomsel sebesar 12 persen, layanan marketplace video on demand MAXStream Telkomsel sebesar 410 persen dan layanan video conference on demand CloudX Telkomsel sekira 68 persen dibandingkan hari biasa.

Untuk trafik aktivitas digital lain dari masyarakat seperti penggunaan layanan mobile gaming, browsing dan social media oleh pelanggan Telkomsel juga tercatat tumbuh masing-masing sekira 81 persen, 36 persen dan 7 persen selama Ramadan dan Idulfitri 2021, dibandingkan dengan hari biasa.

"Telkomsel juga mencatat enam aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Tiktok dan Mobile Legends."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top