Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bupati Musi Banyuasin Minta Warga di Perantauan Tak Mudik Lebaran

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex meminta warga kabupaten itu yang berada di perantauan untuk tidak mudik atau pulang kampung saat Idulfitri 1442 Hijriah.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PALEMBANG – Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex meminta warga kabupaten itu yang berada di perantauan untuk tidak mudik atau pulang kampung saat Idulfitri 1442 Hijriah.

“Memang ada tradisi pulang kampung untuk berkumpul dengan keluarga pada bulan Ramadan dan Idulfitri, namun dengan sangat menyesal untuk tahun ini belum dapat dilakukan,” kata Dodi baru-baru ini.

Menurut Dodi, Pemkab Mus Banyuasin (Muba) tak ingin perayaan Lebaran di Muba menjadi momentum yang malah meningkatkan penularan Covid-19, meskipun ia mengklaim penanganan dan pencegahan Covid-19 telah berjalan maksimal di kabupaten itu.

Pasalnya, kata dia, saat ini Indonesia, khususnya Kabupaten Muba, masih berkutat melawan Covid-19 yang telah berlangsung sejak satu tahun lalu. 

“Perjuangan terus kita lakukan dengan menggelar vaksinasi dan penerapan 3T (testingtracing, dan treatment) dan 3M (Memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari keramaian),” ujarya.

Dia menjelaskan kondisi saat ini masih berisiko tinggi karena adanya libur panjang. Oleh karena itu, pihaknya tak henti mengingatkan masyarakat Muba.

“Warga yang berada di luar untuk tetap bersilaturahmi dengan virtual, sehingga tak perlu mudik atau pulang kampung,” katanya.

Jika disiplin dan protokol kesehatan ditegakkan dengan baik. Maka, kata Dodi, penyebaran Covid-19 dapat dicegah. 

“Apabila disiplin ini dilakukan, Insyaallah mudik lebaran tahun depan dapat dilakukan dengan normal,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Muba, Azmi Dariusmansyah, mengatakan saat ini pelaksanaan pencegahan dan penanganan Covid-19 terus digencarkan. 

“Meski warga yang sadar akan protokol kesehatan di Muba sangat berjalan baik, tetapi sosialisasi serta edukasi tetap kami lakukan,” ujarnya.

Azmi menambahkan, warga Muba di perantauan untuk terlebih dahulu menahan rindu dengan tidak pulang kampung agar juga upaya ini melindungi keluarga terhindar dari penularan Covid-19. 

“Saya yakin warga Muba di perantauan sangat mengerti dengan kondisi saat ini, mari kita patuhi bersama imbauan bupati demi kebaikan kita bersama,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper