Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wali Kota Pekanbaru Sambangi Lokasi Banjir di Bukit Raya

Firdaus mengatakan perubahan iklim di Indonesia ini akibat anak siklon tropis. Perubahan iklim ini akan menyebabkan curah hujan yang tinggi. Sehingga memicu terjadinya bencana longsor dan banjir.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 24 April 2021  |  18:26 WIB
Wali Kota Pekanbaru Firdaus meninjau lokasi banjir.  - Istimewa
Wali Kota Pekanbaru Firdaus meninjau lokasi banjir. - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru Firdaus bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pekanbaru meninjau lokasi banjir di beberapa lokasi.

Salah satu lokasi banjir yang dikunjungi yaitu Perumahan Graha Fauzan, Kelurahan Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukit Raya. Dalam peninjauan ini, bantuan juga disalurkan oleh Pemkot kepada korban banjir.

"Banjir ini tidak hanya merata terjadi di Pekanbaru, tapi juga wilayah lain di Indonesia. Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana [BNPB] sudah mengirim surat kepada bupati dan wali kota se-Indonesia. Saat ini terdapat perubahan iklim dunia yang disebut dengan siklon tropis," ujar Firdaus dalam siaran persnya Sabtu (24/4/2021).

Dia mengatakan perubahan iklim di Indonesia ini akibat anak siklon tropis. Perubahan iklim ini akan menyebabkan curah hujan yang tinggi. Sehingga memicu terjadinya bencana longsor dan banjir.

"Wilayah Pekanbaru yang tergenang banjir ini adalah area yang lebih rendah dari Sungai Siak. Pekanbaru ini kontur tanahnya datar dan memang sebagian lebih rendah dari Sungai Siak," ujar Firdaus.

Maka saat air sungai pasang, ketinggian air Sungai Siak menjadi lebih tinggi dari dataran rendah di Pekanbaru. Ini berpengaruh terhadap lamanya air surut ketika hujan yang menyebabkan banjir.

"Kami belum tahu berapa siklon tropis ini mempengaruhi cuaca Indonesia dan Riau. Kami diperintahkan pusat agar selalu bersiaga."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir riau pekanbaru
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top