Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Program Baznas Riau Sudah Bersifat Produktif, Pulau Zakat Jadi Unggulan

Program Pulau zakat di Pulau Mendul dijalankan di Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan dan di Kecamatan Rupat Utara, Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 23 April 2021  |  17:10 WIB
Ilustrasi - Istimewa
Ilustrasi - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU - Baznas Provinsi Riau telah menjalankan sejumlah program unggulan untuk membangun ekonomi masyarakat serta memajukan kualitas sumber daya manusia di Provinsi Riau.

Ketua Baznas Riau Saidul Amin memaparkan program pertama yaitu Pulau Zakat yang dijalankan di dua lokasi.

Program Pulau zakat di Pulau Mendul dijalankan di Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan dan di Kecamatan Rupat Utara, Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Saidul menerangkan, dua lokasi ini dipilih karena keduanya termasuk pulau terluar, sehingga Baznas perlu meningkatkan perekonomian dan SDM masyarakat setempat.

Program Pulau Zakat Baznas Riau yaitu membangun Islamic Center sebagai pusat pendidikan, pusat ekonomi, pusat pembinaan mualaf, serta pusat rehabilitasi narkoba.

"Dengan semangat berzakat, kami hidupkan pulau itu dari berbagai sektor, tepatnya di Pulau Mendul dan Pulau Rupat," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (23/4/2021).

Program kedua, terkait kondisi perekonomian masyarakat. Banyak keluhan dari sekolah-sekolah swasta, madrasah, pondok pesantren tentang anak-anak yang kesulitan membayar uang sekolah. Karena itu, Baznas Provinsi Riau bergerak aktif membayarkan uang sekolah siswa miskin dan tidak mampu.

"Kami berharap dengan program seperti ini sekolah akan terus berkembang dan pelajar-pelajar akan tetap bisa belajar," ucapnya.

Dia menambahkan, bukan sekadar membayar uang sekolah siswa, saat ini Baznas Riau juga mendirikan asrama-asrama Baznas di perguruan tinggi yang ada di Provinsi Riau.

Salah satu tempat percontohan adalah di Universitas Lancang Kuning. Para pelajar miskin di asrama Baznas diberikan biaya kuliah juga diberi biaya untuk modal usaha.

"Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perikanan Provinsi Riau yang sudah banyak membantu Baznas memberikan bantuan bimbingan kepada pelajar-pelajar miskin yang ingin berusaha di bidang peternakan ikan," ucapnya.

Saidul menjelaskan saat ini bantuan yang diberikan Baznas diutamakan bersifat produktif.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top