Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gubernur Riau Tinjau Pemilu Ulang di Rokan Hulu

Gubernur Riau mengatakan, kunjungan kerja yang dilakukannya itu untuk memastikan pelaksanaan PSU berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 21 April 2021  |  19:12 WIB
Gubernur Riau Syamsuar  - Bisnis/Dwi Nicken Tari
Gubernur Riau Syamsuar - Bisnis/Dwi Nicken Tari

Bisnis.com, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar bersama pejabat terkait meninjau langsung pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). PSU ini dilaksanakan berdasarkan putusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK).

Pelaksanaan PSU di Rohul digelar di Desa Tambusai utara, Kecamatan Tambusai utara, pada Rabu (21/4/2021). Mulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIB. Dilaksanakan di 25 TPS yang berada di kawasan perkebunan PT Torganda.

Gubernur hadir bersama Ketua Bawaslu RI, Abhan, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI, M Syech Ismed, jajaran KPU dan jajaran Pemerintah Kabupaten Rohul. Selama proses pelaksanaan PSU dijaga ketat oleh aparat TNI-POLRI.

Pada kesempatan itu, Gubernur Riau bersama pemangku kepentingan hadir meninjau TPS 28 dan TPS 32. Lokasi TPS 28 berada di kantor Afdeling 2 Perkebunan Rantau Kasai tak jauh dari lapangan bola. Kemudian, Lokasi TPS 32 berada di halaman kantor PT Torganda. Di TPS 28 terdapat 161 warga yang memiliki hak konstitusional. Di TPS 32 sebanyak 178 warga tercatat sebagai pemilih tetap.

Gubernur Riau mengatakan, kunjungan kerja yang dilakukannya itu untuk memastikan pelaksanaan PSU berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

"Kami atas pemerintah provinsi Riau, mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat di sini dan penyelenggara PSU yakni KPU, Bawaslu, juga pihak TNI-Polri yang telah membantu penyelenggaraan PSU dengan aman, tertib, dan lancar," kata Syamsuar.

Data KPU Riau mencatat, jumlah pemilih yang berada di 25 TPS lokasi PSU mencapai 3.580 pemilih. Berdasarkan jenis kelamin, total jumlah pemilih laki-laki 1.876, pemilih perempuan 1.704. Suara ini akan diperebutkan oleh paslon nomor 1 Hamulian - M Sahril Topan, paslon nomor 2 Sukiman - Indra Gunawan, dan paslon nomor 4 Hafith Syukri - Erizal.

PSU di 25 TPS ini dilaksanakan berdasarkan putusan sidang MK yang membatalkan Keputusan KPU Rokan Hulu Nomor 620/PL.02.6-Kpt/1406/KPU-Kab/XII/2020 tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu tahun 2020 tertanggal 16 Desember 2020 lalu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top