Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Riau Gelar Ujicoba Sambungan Rumah SPAM Durolis di Rokan Hilir

Pemerintah Provinsi Riau memulai uji coba sambungan rumah proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis (SPAM Durolis).
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PEKANBARU-- Pemerintah Provinsi Riau memulai uji coba sambungan rumah proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis (SPAM Durolis).

Gubernur Riau Syamsuar menghadiri langsung kegiatan uji coba Sambungan Rumah SPAM Durolis untuk wilayah pelayanan Kabupaten Rokan Hilir di Kantor Camat Rimba Melintang.

"Kebahagiaan dan rasa syukur ini karena adanya peningkatan akses air minum bagi masyarakat Riau khususnya di wilayah yang rawan air minum seperti di Kota Dumai Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Bengkalis," ujarnya dalam siaran pers Kamis (8/4/2021).

Dia memaparkan air minum merupakan kebutuhan dasar dan hak seluruh masyarakat yang menjadi tanggungjawab bersama dan perlu mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

"Hak dasar tersebut harus terus diperjuangkan oleh seluruh daerah dengan sungguh-sungguh dengan dukungan pemerintah serta peran stakeholder," ujarnya.

Menurutnya perjuangan seluruh daerah ini juga dalam rangka mencapai Sustainable Depelovment Goals (SDG's), dimana diharapkan pada akhir 2030 nanti masyarakat Riau 100 persen dapat mengakses layanan air minum yang layak.

Syamsuar juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan perhatian dari Kementerian PUPR RI dalam hal ini Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dan Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR untuk masyarakat Riau dalam meningkatkan pelayanan infrastruktur dasar khususnya di bidang air minum.

"Kami berharap SPAM Regional Durolis ini dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Riau khususnya di Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai."

Adapun proyek SPAM Durolis dibiayai oleh anggaran bersama antara pemerintah pusat, provinsi, hingga kabupaten di lokasi pembangunan proyek.

Pembangunan SPAM Durolis di lahan seluas 2 hektare (ha) ini bakal dinikmati oleh ratusan ribu masyarakat Durolis. Data Pemprov Riau menunjukkan investasi proyek SPAM Durolis mencapai Rp672,01 miliar dan dibangun dengan kapasitas air 1.500 liter per detik.

Lingkup wilayah SPAM Durolis terdiri dari Kota Dumai yakni Kecamatan Dumai Kota, Dumai Barat, Dumai Timur dan Dumai Selatan.

Kemudian, Kabupaten Rokan Hilir yang melingkupi Kecamatan Tanjung Belawan, Bangko, Rimba Melintang, Batu Hampar, dan Kecamatan Bangko Pusako.

SPAM ini juga akan dinikmati Kabupaten Bengkalis, tepatnya warga Kecamatan Mandau dan Kecamatan Pinggir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper