Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dana Desa di Riau Berhasil Ciptakan Desa Wisata

Gubernur Riau Syamsuar meminta kepala desa se-Provinsi Riau untuk mulai kreatif menggali potensi dan manfaat penggunaan dana desa dari berbagai sumber kerja sama yang diperbolehkan.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 06 April 2021  |  13:21 WIB
Gubernur Riau Syamsuar - Bisnis/Dwi Nicken Tari
Gubernur Riau Syamsuar - Bisnis/Dwi Nicken Tari

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau menyatakan penyaluran program bantuan keuangan dana desa dari APBD Riau 2019 senilai Rp200 juta untuk tiap desa di wilayah itu sudah menunjukkan hasil. Salah satunya ada desa yang berhasil mengembangkan potensi daerahnya menjadi desa wisata.

Gubernur Riau Syamsuar meminta kepala desa se-Provinsi Riau untuk mulai kreatif menggali potensi dan manfaat penggunaan dana desa dari berbagai sumber kerja sama yang diperbolehkan.

Gubernur menjelaskan saat ini, anggaran yang dimiliki Pemprov Riau untuk disalurkan ke pemerintahan desa semakin terbatas. Hal ini disampaikan Syamsuar dalam rapat kerja pemerintahan desa se-Riau wilayah satu.

"Pembangunan di Desa harus tetap berjalan, dari laporan dan hasil kunjungan kerja saya ke beberapa desa yang mendapat bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Riau tahun 2019 lalu sebesar Rp200 juta. Sudah ada yang berhasil mengembangkannya. Ada yang membuat desa wisata sehingga menjadi sumber pendapatan tambahan bagi desa," ujarnya dalam siaran pers Selasa (6/4/2021).

Syamsuar mengakui pemerintah desa kini tidak bisa lagi mengalokasikan pembangunan berdasarkan dana APBD. Salah satunya karena pandemi Covid-19 ini, yang menyebabkan semua sumber ekonomi melemah.

Negara maju seperti Singapura menurut Syamsuar, di 2023 sudah tidak lagi menggunakan gas bumi untuk sumber pembangunannya, tapi mulai menggunakan energi matahari.

"Hal ini tentunya akan menurunkan pendapatan Provinsi Riau sebagai salah satu penghasil migas, dan ditambah lagi hasil pertemuan saya dengan pihak Kementrian ESDM akan merencanakan produksi migas ke depan tidak lagi untuk pasar ekspor namun digunakan secara maksimal di dalam negeri."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top