Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Aceh Dorong Penggunaan Produk Lokal UMKM

Seluruh lapisan masyarakat di Aceh diimbau untuk memaksimalkan pemanfaatan produk lokal terutama yang dihasilkan oleh UMKM.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Maret 2021  |  03:19 WIB
Kegiatan Road to Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Karya Kreatif Indonesia Seri 1 Provinsi Aceh Tahun 2021 di Kantor Bank Indonesia Provinsi Aceh di Banda Aceh.. - Antara
Kegiatan Road to Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Karya Kreatif Indonesia Seri 1 Provinsi Aceh Tahun 2021 di Kantor Bank Indonesia Provinsi Aceh di Banda Aceh.. - Antara

Bisnis.com, BANDA ACEH – Seluruh komponen masyarakat di Aceh diajak mendukung gerakan Bangga Buatan Indonesia dengan membeli dan menggunakan produk-produk lokal hasil UMKM di Indonesia.

"Usaha mikro, kecil dan, menengah memiliki peran strategis dalam perekonomian nasional umumnya dan Aceh khususnya," kata Kepala Bank Indonesia Provinsi Aceh Achris Sarwani di Banda Aceh pada Sabtu (27/3/2021).

Dia mengemukakan hal itu di sela-sela Road to Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Karya Kreatif Indonesia Seri 1 Provinsi Aceh 2021 di Kantor BI Aceh.

Achris menjelaskan dalam skala regional, UMKM mampu memberikan kontribusi 69,11 persen terhadap pendapatan regional domestik bruto (PDRB) Aceh.

Menurut dia, sebagai dukungan terhadap produk nasional, Kantor Perwakilan BI Aceh menyelenggarakan kegiatan Road to Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Karya Kreatif Indonesia Seri 1 Provinsi Aceh Tahun 2021.

Dalam kegiatan tersebut Kantor Perwakilan BI Provinsi Aceh memberikan sarana diskusi berupa talkshow yang akan mempertemukan UMKM dan usaha besar, sehingga para pelaku usaha dapat memahami langkah-langkah dan kebutuhan yang diperlukan untuk pengembangan usaha guna mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.

Dia menambahkan kegiatan itu dapat memperluas implementasi QRIS guna mendorong digitalisasi UMKM dan menyelenggarakan pelatihan pengolahan produk lokal unggulan Aceh.

"Kami berharap melalui kegiatan ini juga dapat memperkuat akselerasi transformasi digital UMKM, memperkuat kelangsungan usaha, percepatan perputaran siklus ekonomi, mendorong semangat bangga produk lokal, dan mendorong nation branding produk lokal unggulan," ucapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm aceh

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top