Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kabupaten Lingga Dorong Budidaya Kepiting Bakau

Selain memiliki nilai jual tinggi, budidaya kepiting bakau juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 27 Maret 2021  |  00:11 WIB
Pedagang menjual kepiting bakau jenis Scylla serrata dan Kelapa di Lhokseumawe, Aceh, Senin (17/9/2018). - ANTARA/Rahmad
Pedagang menjual kepiting bakau jenis Scylla serrata dan Kelapa di Lhokseumawe, Aceh, Senin (17/9/2018). - ANTARA/Rahmad

Bisnis.com, JAKARTA – Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, terus mendorong sektor perikanan khususnya penggemukan kepiting bakau atau Ketam Bangkang. Selain memiliki nilai jual tinggi, budidaya kepiting bakau juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bupati Lingga M. Nizar mengatakan sektor perikanan merupakan sektor unggulan Kabupaten Lingga. Pemerintah terus mendorong budidaya perikanan yang mengoptimalkan potensi hasil laut Lingga.

“Kami juga berkomitmen melalui alokasi anggaran untuk mendorong budidaya perikanan ke depan. Lingga memiliki luas laut yang terbesar di Provinsi Kepulauan Riau sehingga perlu mendapat perhatian khusus,” ujarnya dalam siaran persnya, Jumat (26/3/2021).

Nizar menambahkan Kabupaten Lingga membutuhkan dukungan pemerintah pusat karena potensi kelautan Lingga sangat besar dan dekat dengan Singapura. Saat ini, di Kabupaten Lingga telah terdapat sejumlah komunitas budidaya seperti udang vaname, ikan kerapu, lobster dan kepiting bakau.

Salah satu komunitas yang telah membudidayakan kepiting bakau ialah Koperasi Insan Maju di Dabo Lingga. Budidaya kepiting bakau itu mengambil lokasi di dekat Pantai Batu Berdaun yang merupakan salah satu objek wisata andalan di Dabo, Singkep.

“Kami sangat mendukung pengembangan budidaya kepiting bakau ini karena akan membantu perekonomian masyarakat,” katanya.

Erwan Bakarani, Pembina Koperasi Insan Maju, mengatakan bahwa lokasi penggemukan kepiting bakau merupakan bekas area tambang timah yang berdekatan dengan kawasan wisata Batu Berdaun. Koperasi Insan Maju Sejahtera beranggotakan anak-anak muda yang memiliki minat pada sektor perikanan.

“Penggemukan kepiting bakau ini dekat dengan kawasan objek wisata Batu Berdaun. Danau yang terbentuk pasca tambang timah, kami gunakan untuk penggemukan ketam bangkang,” katanya.

Erwan berharap usaha penggemukan ketam bangkang oleh Koperasi Insan Maju Sejahtera dapat bisa memberikan manfaat, khususnya untuk para anggota yang tergabung dalam koperasi tersebut. Penggemukan kepiting bakau ini juga menjadi pilot project yang akan dikembangkan di lokasi lainnya.

“Ini menjadi salah satu pilot proyek bagi wilayah lain di Kabupaten Lingga,” jelasnya.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perikanan kepiting
Editor : Yustinus Andri DP

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top