Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Proyek Tol Pekanbaru - Rengat, Rumbai Barat Mulai Sosialisasi

Jalur tol tersebut diperkirakan bakal melewati 329 persil lahan masyarakat setempat.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 24 Maret 2021  |  11:39 WIB
Ilustrasi - Gerbang Tol Pekanbaru-Dumai. Pemerintah Kecamatan Rumbai Barat bekerjasama dengan Kementerian PUPR, BPN Provinsi Riau, Dinas PUPR Provinsi Riau, dan PT. Hutama Karya, mengadakan sosialisasi rencana pembangunan proyek Jalan Tol Trans Sumatra, ruas Pekanbaru-Rengat.  - Bisnis/Agne Yasa
Ilustrasi - Gerbang Tol Pekanbaru-Dumai. Pemerintah Kecamatan Rumbai Barat bekerjasama dengan Kementerian PUPR, BPN Provinsi Riau, Dinas PUPR Provinsi Riau, dan PT. Hutama Karya, mengadakan sosialisasi rencana pembangunan proyek Jalan Tol Trans Sumatra, ruas Pekanbaru-Rengat. - Bisnis/Agne Yasa

Bisnis.com, PEKANBARU - Pemerintah Kecamatan Rumbai Barat mengadakan sosialisasi rencana pembangunan proyek Jalan Tol Trans Sumatra, ruas Pekanbaru-Rengat.

Sosialisasi bekerja sama dengan Kementerian PUPR, BPN Provinsi Riau, Dinas PUPR Provinsi Riau, dan PT. Hutama Karya.

Kegiatan sosialisasi dipusatkan di aula kantor Kecamatan Rumbai Barat, diikuti lurah dan masyarakat dari Kelurahan Muara Fajar Timur, Rumbai Bukit, Agrowisata, serta Kelurahan Palas.

Kegiatan ini juga dihadiri Asisten I Setdako Pekanbaru Azwan, Kabag Tapem dan perwakilan Dinas PUPR Kota Pekanbaru. 

Camat Rumbai Barat Vemi Herliza menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat dan pemilik lahan yang terdampak pembangunan jalur tol Pekanbaru-Rengat.

Jalur tol tersebut diperkirakan bakal melewati 329 persil lahan masyarakat setempat.

"Kemudian juga untuk menyampaikan persiapan pengadaan tanah pada pembangunan ruas jalan tol Rengat-Pekanbaru, serta proses dari pendataan awal hingga pelaksanaan proyek nantinya, dengan harapan agar semua pihak bisa bekerja sama dalam kesuksesan pembangunan infrastruktur penunjang kehidupan masyarakat," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (24/3/2021).

Menurut Vemi sosialisasi itu merupakan bagian dari tahapan persiapan pengadaan tanah rencana ruas jalan tol. Tim memberitahukan kepada masyarakat secara langsung, bahwa akan dilaksanakan pembangunan jalan tol ruas Pekanbaru-Rengat di persil tanah yang mereka miliki.

"Alhamdulillah, kegiatan sosialisasi telah selesai dilaksanakan sebanyak 3 sesi, yang terdiri dari 4 kelurahan, 3 di Kecamatan Rumbai Barat, 1 di Kecamatan Rumbai, dengan rencana calon persil yang terkena sebanyak 329 persil. Kami apresiasi dukungan masyarakat terhadap program nasional ini," ujarnya.

Menurut dia, sinergitas semua pihak sangat diperlukan agar program nasional tersebut dapat berjalan lancar dan sesuai harapan.

"Untuk itu, permohonan, saran dan masukan dari masyarakat sangat diperlukan untuk kebaikan dan kelancaran program ini. Pemerintah akan memberikan solusi terbaik untuk masyarakat," ujarnya.

Vemi juga berharap Kementerian PUPR dapat segera memasang patok rencana jalur tol, dan melakukan pendataan awal yang nantinya akan didampingi oleh RT, RW, pihak kelurahan dan masyarakat pemilik lahan.

"Kami menunggu informasi selanjutnya agar data yang akurat bisa secepatnya kita sampaikan ke masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Riau mendukung PT Hutama Karya (Persero) membangun jalan tol Trans- Sumatra ruas Pekanbaru — Rengat yang kini dalam tahap persiapan lahan, termasuk dengan mengeluarkan izin lokasi terlebih dahulu.

Gubernur Riau Syamsuar menjelaskan berdasarkan pemaparan Hutama Karya di lokasi pembangunan tol Pekanbaru — Bangkinang, sejumlah titik lahan yang dilintasi rencana trase tol Pekanbaru — Rengat diketahui masuk dalam kawasan hutan.

“Tadi kami mengetahui masih ada ruas yang belum dapat dibebaskan untuk tol Pekanbaru — Rengat karena perlu ada izin pinjam pakai dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan [LHK]. Jadi kami perlu ajukan izin terlebih dahulu, setelah itu nanti dapat dikeluarkan izin lokasi,” ujarnya usai meninjau pembangunan tol Pekanbaru — Bangkinang, Selasa (23/3/2021).

Menurut Syamsuar, pemprov berkomitmen mendukung Hutama Karya dalam pembangunan tol Pekanbaru — Rengat.

Pemprov berinisiatif mengeluarkan izin lokasi terlebih dahulu agar pekerjaan lapangan di ruas Pekanbaru —Rengat bisa tersambung ,sembari menunggu izin pinjam pakai dari Kementerian LHK.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol riau hutama karya
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top