Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tingkatkan Mutu dan Layanan Ke Masyarakat, PT MMP dan Universitas Imelda Medan Jalin Kerjasama

PT Mega Medica Pharmaceuticals dan Universitas Imelda Medan menjalin kerjasama untuk tingkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 16 Maret 2021  |  19:52 WIB
Foto: Dok. PT Mega Medica Pharmaceuticals
Foto: Dok. PT Mega Medica Pharmaceuticals

Bisnis.com, MEDAN – Guna meningkatkan mutu dan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat PT Mega Medica Pharmaceuticals (PT MMP) dan Universitas Imelda Medan (UIM) menjalin kerjasama. Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Direktur PT MMP, Sutristo dan Rektor UIM, Dr dr Imelda Liana Ritonga SKp, MPd, MN pada Senin (15/3/2021) di Medan.

Menurut Sutristo, sebagai prioritas pertama, MMP dan UIM bersepakat untuk mencapai maksud, tujuan dan manfaat dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni program – program pendidikan dan pengajaran melalui program magang atau praktik kerja nyata (PKL).

“Mahasiswa dapat melakukannya di fasilitas produksi PT Akar Rimba Nusantara di Desa Kota Galuh Kecamatan Perbaungan, Serdang Bedagai, untuk penelitian dan pengembangan melalui Program Penelitian D3 dan S1, Program riset produk, termasuk uji klinis produk dan publikasi hasil penelitian, aktivitas ini bisa dikoordinasikan oleh Departemen Scientific Affairs PT Mega Medica Pharmaceuticals, “ jelas Sutristo.

Untuk pengabdian kepada masyarakat melalui Program/project khusus tentang Peningkatan kesehatan Masyarakat, program ini di bawah koordinasi PT MMP.

“Kami berharap tujuan pelaksanaan PKL nantinya mampu menyajikan hasil studi kasus secara tertulis berupa karangan ilmiah, dan juga melatih mahasiswa agar dapat berkomunikasi, bersosialisasi dan mengembangkan mental dengan baik dalam lingkungan kerja. Tujuan akhirnya adalah mempersiapkan sarjana farmasi yang bermutu, menguasai ilmu pengetahuan, dan keterampilan dalam bidangnya serta mempunyai sikap dan prilaku sesuai dengan etika dan kode etik profesi” jelas Sutrito lagi.

Program PKL mengajarkan mahasiswa tentang pentingnya kerjasama dalam dunia kerja. Melalui PKL mahasiswa akan mempelajari secara langsung kegiatan yang dilakukan di PT MMP.

“Harapannya mahasiswa mampu melakukan penelitian atau riset yang mengutamakan kualitas produk dan manfaatnya bagi dunia kedokteran, selain itu tentu saja menambah pengetahuan mahasiswa tentang PT MMP, “kata Sutristo.

Dijelaskan Sutristo, MMP merupakan Perusahaan Farmasi yang bergerak di bidang Oral Albumin dan budidaya ikan gabus organik, tinggi protein berasal dari bahan alam Indonesia dengan dukungan teknologi terkini dan tim R&D yang berpengalaman, sehingga mampu menghasilkan produk yang aman, bermutu dan bermanfaat sesuai Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB).

“Kami memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh ke dalam semua kegiatan yang terdapat pada PT MMP secara nyata, melatih dan mempersiapkan mereka sebagai calon tenaga ahli yang memiliki pengetahuan, keterampilan, inisiatif dan memiliki etos kerja yang tinggi serta bertanggung jawab.

Selanjutnya Rektor Universitas Imelda Medan (UIM), Dr.dr.Imelda Liana Ritonga, S.Kp.,M.Pd.,MN mengharapkan kerjasama ini akan memberikan peluang bagi Civitas Akademika Universitas Imelda Medan (UIM) untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian sesuai bidang prodinya, terutama dalam menghasilkan model-model yang mampu menjadi solusi masalah kesehatan bagi masyarakat maupun untuk pengembangan bahan-bahan obat dari herbal asli yang ada di Sumatera Utara.

“Dengan demikian, kerjasama ini dapat membuka berbagai kesempatan bagi mahasiswa/i untuk bisa melakukan pembelajaran di luar kampus dengan bobot SKS yang bisa dihitung sesuai capaian pembelajaran, dimana hal ini sesuai dengan konsep Kampus Merdeka” Jelas Ibu Rektor.

Selanjutnya menurut Ibu Rektor, kerjasama ini dilakukan untuk meningkatkan Mutu Pendidikan serta memberikan kesempatan bagi Civitas Akademika dan fasilitas pelayanan khususnya bagi RSU Imelda Pekerja Indonesia dan RS Karya Bakti Ujung Bandar, untuk mengaplikasikan model-model penyelesaian masalah yang ditemukan dari penelitian sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Ibu Rektor juga menambahkan, bahwa kerjasama ini akan membuka berbagai peluang besar untuk unit usaha bersama antara UIM dan PT MMP yang dapat meningkatkan penyerapan lulusan UIM. Besar harapan kerjasama ini dapat menjadi pintu awal dibangunnya berbagai kerjasama dengan pihak-pihak lain yang saling menguntungkan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

universitas korporasi kerja sama
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top