Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Delapan Wisatawan Mancanegara Kunjungi Sumut pada Januari

Kunjungan wisman pada Desember 2020 adalah 54 kunjungan. Seluruh kunjungan masuk dari pintu masuk Bandara Kualanamu.
Ilustrasi./Bloomberg-Putu Sayoga
Ilustrasi./Bloomberg-Putu Sayoga

Bisnis.com, MEDAN - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sumatra Utara kembali anjlok. Sepanjang bulan Januari 2021, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatra Utara (Sumut) mencatat hanya ada delapan kunjungan wisman yang datang ke Sumut.

“Wisman yang berkunjung ke Sumut melalui empat pintu masuk pada bulan Januari 2021 mencapai delapan kunjungan, menurun 85,19 persen dibanding yang datang pada bulan Desember 2020,” kata Kepala Perwakilan BPS Sumut Syech Suhaimi, Rabu (3/3/2021).

Catatan BPS Sumut menunjukkan kunjungan wisman pada Desember 2020 adalah 54 kunjungan. Seluruh kunjungan masuk dari pintu masuk Bandara Kualanamu.

Bila dibandingkan dengan Januari 2020 (yoy), kunjungan wisman anjlok sebesar 99,96 persen, dari 20.744 kunjungan.

Seluruh kunjungan wisman di bulan Januari 2021 masuk dari pintu Bandara Kualanamu. Terdapat empat pintu masuk perjalanan internasional di Sumut, yaitu Bandara Kualanamu, Pelabuhan Belawan, Bandara Silangit, dan Pelabuhan Tanjungbalai Asahan.

Secara yoy, kunjungan wisman dari pintu masuk Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Tanjungbalai, dan Bandara Silangit yang mengalami penurunan masing-masing sebesar 100,00 persen.

Anjloknya kunjungan wisman ke Sumut ini sehubungan dengan larangan bepergian yang diterapkan oleh beberapa negara sejak pandemi covid-19 mewabah. Pada tahun 2020, kunjungan wisman melalui empat pintu masuk perjalanan internasional ke Sumut hanya 44.285 kunjungan.

Penanganan covid-19 melalui vaksinasi diharapkan membangkitkan sektor pariwisata, khususnya kunjungan wisata mancanegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper