Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vaksinasi di Sumsel Berlanjut untuk Pedagang Pasar

Pada tahap awal terdapat 253 pedagang di Pasar Cinde Palembang yang mendapat vaksin dari pemerintah, pada Rabu (3/3/2021).
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  12:25 WIB
Petugas vaksin menyuntikan vaksin Covid/19 untuk pedagang Pasar Cinde Kota Palembang. bisnis/Dinda Wulandari
Petugas vaksin menyuntikan vaksin Covid/19 untuk pedagang Pasar Cinde Kota Palembang. bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – Program vaksinasi Covid-19 di Sumatra Selatan berlanjut untuk masyarakat umum yang diawali dengan vaksin kepada pedagang pasar.

Pada tahap awal terdapat 253 pedagang di Pasar Cinde Palembang yang mendapat vaksin dari pemerintah, pada Rabu (3/3/2021).

Direktur Operasional PD Pasar Palembang Jaya Syaiful Busnawi mengatakan 253 pedagang itu merupakan mereka yang mendaftar untuk penyuntikan vaksin dari total 300 pedagang di pasar tersebut.

“Antusiasme pedagang di sini cukup tinggi, karena semula kami targetkan hanya 100 pedagang, ternyata yang daftar malah 253 orang,” kata Syaiful.

Dia mengemukakan, vaksinasi kepada para pedagang menjadi keinginan besar dan hal yang penting. Lantaran, para pedagang di pasar tradisional sangat rentan terpapar Covid-19. Apalagi setiap hari para pedagang bisa bertemu dengan masyarakat dari berbagai kalangan.

“Mereka ini sangat mudah terpapar, apalagi di pasar tradisional. Jadi memang harus divaksin pertama kali agar tidak menjadi penyebar Covid-19,” katanya.

Menurutnya, vaksinasi untuk pedagang pasar tersebut akan dilanjutkan ke pasar-pasar tradisional lainnya.

Ia menilai vaksinasi merupakan kunci utama pencegahan Covid-19 di samping penerapan protokol kesehatan.

“Kami dari PD Pasar Palembang Jaya sudah menerapkan protokol kesehatan di pasar-pasar tradisional, namun memang masih sangat diperlukan adanya vaksinasi,” terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Lesty Nuraini menerangkan antusias para pedagang untuk mengikuti vaksinasi sangat tinggi. 

“Sasaran utama kita memang para pedagang, karena mereka bertemu dan bertatap muka langsung dengan masyarakat,” katanya.

Vaksinasi untuk para pedagang ini selaras dengan vaksinasi untuk para pelayan publik lainnya, mulai dari pejabat, guru, wartawan, atlet, ASN, dan sebagainya. 

Lesty memaparkan pihaknya sudah menerima 182.700 dosis vaksin dari Kemenkes. Vaksin itu digunakan untuk sasaran yang diutamakan pada tahap kedua pelaksanaan vaksinasi. 

Vaksinasi ini juga ditujukan untuk anggota Polri dan TNI di wilayah Sumsel. Dengan begitu, pihaknya berharap vaksinasi secara keseluruhan bisa mencapai lebih dari 90 persen. 

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan pihaknya memilih para pedagang untuk vaksinasi awal bagi masyarakat sudah dipertimbangkan matang. 

“Para pedagang di pasar tradisional adalah garda terdepan dalam pelayanan jual beli. Setelah kelompok ini divaksin, maka harapan kita dapat memperkuat imun,” jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel Covid-19
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top