Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bantu Buka Lahan Tanpa Membakar, Riau Siapkan 12 Unit Ekskavator

Sebanyak 12 Eskavator yang siaga itu kini telah disiapkan di Dinas PUPR Riau.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 25 Februari 2021  |  09:14 WIB
Ilustrasi. - Antara/Prasetia Fauzani
Ilustrasi. - Antara/Prasetia Fauzani

Bisnis.com, PEKANBARU — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau menyatakan pemda menyiapkan sebanyak 12 unit alat berat jenis eskavator, guna membantu masyarakat yang ingin membuka lahan perkebunan tanpa membakar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edwar Sanger mengatakan langkah yang diambil pemda itu bertujuan mengatasi pembukaan lahan dengan cara membakar.

"Untuk pinjam pakai alat berat tersebut diberikan secara cuma-cuma atau gratis karena merupakan program dari Gubernur Riau untuk masyarakat," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (24/2/2021).

Untuk prosedur pinjam pakainya, dia menyebutkan masyarakat tinggal melakukan koordinasi dengan Dinas Perkebunan dan BPBD kabupaten kota setempat yang selanjutnya direkomendasikan ke Dinas PUPR Riau selaku penyedia peralatan. "Ini merupakan program gubernur untuk masyarakat, makanya diberikan secara gratis," katanya.

Program ini menurutnya langkah strategis Gubernur dan Wakil Gubernur Riau dalam persiapan mengantisipasi Karhutla setelah menerapkan status Siaga Darurat Karhutla beberapa waktu lalu. Sebanyak 12 Eskavator yang siaga itu kini telah disiapkan di Dinas PUPR Riau. 

"Dengan adanya program ini, diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang melakukan pembakaran dalam pembukaan lahan," ujarnya.

Sementara itu soal peminjaman helikopter untuk pemadaman karhutla ke BNPB, Edward menjelaskan, jika saat ini masih dalam persiapan dan koordinasi  dengan pihak BNPB. Pasalnya, untuk helikopter ini juga sedikit terkendala pandemi Covid-19 karena beberapa daerah masih lockdown, sehingga petugasnya terbatas.

"Helikopternya ada, tapi  petugasnya belum ada maka itu masih menunggu informasi itu. yang pasti untuk helikopter ini sudah disiapkan BNPB untuk Riau," ujarnya.

Kemudian dia menambahkan untuk pemadaman karhutla ini BNPB sudah mempersiapkan sebanyak 11 unit helikopter. "Untuk Riau kami baru mengajukan 3 unit saja, 1 untuk patroli dan 2 untuk water bombing. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini bisa dikirim."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau pekanbaru kebakaran hutan
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top