Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BMKG Ingatkan Warga Sumatra Utara Waspada Suhu 34 Derajat Celsius

Penduduk khususnya di Kota Medan akan mengalami kegerahan, terutama pada malam hari di tengah peralihan musim menuju kemarau yang terjadi dewasa ini.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Februari 2021  |  00:45 WIB
Suhu panas membuat orang mudah mengalami 'heat stroke' - everydayhealth
Suhu panas membuat orang mudah mengalami 'heat stroke' - everydayhealth

Bisnis.com, MEDAN - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan meminta masyarakat agar mewaspadai terjadinya peningkatan suhu udara yang mencapai 34 derajat Celsius di Provinsi Sumatra Utara (Sumut).

"Yang perlu diwaspadai, mungkin suhu. Suhu pada Februari sampai Maret, bisa mencapai 33 sampai 34 derajat Celsius," ujar Forecaster BBMKG Wilayah I Medan, Christin Matondang di Medan, Sabtu (20/1/2021).

Dampak peningkatan suhu udara tersebut, tidak hanya dirasakan pada siang hari, namun juga pada malam hari akibat cuaca lebih kering dan terasa lebih panas dari sebelumnya 32 derajat Celsius.

Dengan demikian, penduduk khususnya di Kota Medan akan mengalami kegerahan, terutama pada malam hari di tengah peralihan musim menuju kemarau yang terjadi dewasa ini.

"Secara umum, curah hujan di Sumut jauh berkurang. Kalau di Sumut terdapat dua kali periode hujan yang cukup rendah, yakni Februari hingga Maret, dan Juli sampai Agustus," kata dia.

"Jadi di Sumut itu, tidak seperti di Jawa, pola hujannya berbeda. Untuk potensi hujan sedang hingga lebat itu, sudah berkurang di bulan Februari," ucap Christin.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG Suhu udara

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top